Membangun brand equity: kajian fenomenologi bisnis café di Surabaya

Sancoko, Aldo Hardi (2017) Membangun brand equity: kajian fenomenologi bisnis café di Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena tentang brand adalah isu yang sangat populer. Fakta menyatakan bahwa setiap barang yang digunakan sehari-hari tidak lepas dari brand. Kendati banyak fakta mengenai pentingnya brand di mata konsumen maupun produsen, tidak semua brand sukses walaupun menggunakan strategi pemasaran yang baik. Brand yang gagal (tidak sukses) dimulai dengan istilah brand damage atau “brand yang rusak”. Untuk menghindari hancurnya suatu brand, Aaker (1991) menjawab dengan brand equity. Ekuitas merek adalah istilah dalam dunia marketing yang mendeskripsikan nilai dari sebuah nama merek yang terkenal (well-known brand), didasarkan pada ide dimana pemilik well-known brand itu dapat menghasilkan lebih banyak uang dari produknya dibandingkan produk lain yang tidak memiliki well- known brand, sebagaimana konsumen percaya bahwa produk dengan well-known brand lebih baik daripada produk dengan less well-known brand. Seiring semakin berkembangnya jaman dan persaingan usaha khususnya di bidang kuliner saat ini, muncul begitu banyak jenis restoran, mulai dari restoran cepat saji hingga restoran yang bernuansa keluarga. Salah satu jenis restoran yang marak dikembangkan sebagai bentuk bisnis di kota besar adalah café dimana telah menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup. Penelitian tentang bagaimana membangun ekuitas merek yang ditinjau dari sudut pandang produsen yakni pemilik atau manajer cafe dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologi guna meng-capture persepsi informan yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa bauran pemasaran berperan penting dalam membangun brand equity. Persepsi lain dari sudut pandang manajerial menyebutkan bahwa aspek bisnis dan profit sebagai tujuan utama pendirian café (profit oriented), variabel layanan pelanggan (Customer Service), dan variabel kualitas layanan berperan dalam membangun brand equity. Aplikasi corporate value yang tepat akan menciptakan SDM yang mampu menghadirkan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat membangun brand equity.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Merek, ekuitas merek, bauran pemasaran
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 4900 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 08:38
Last Modified: 10 Jan 2018 08:38
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

View Item View Item