Pengaruh lama penyimpanan selama distribusi dan pemasaran terhadap viabilitas bakteri asam laktat dan tingkat keasaman pada yogurt murbei hitam (morus nigra l)

Oktavia, Hana Meliana (2015) Pengaruh lama penyimpanan selama distribusi dan pemasaran terhadap viabilitas bakteri asam laktat dan tingkat keasaman pada yogurt murbei hitam (morus nigra l). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Yogurt merupakan produk koagulasi susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi bakteri asam laktat (BAL) Lactobacillus bulgaricus (LB) dan Streptococcus thermophilus (ST). Seringkali selama distribusi yogurt,viabilitas ST dan LB menurun.Pemasaran dan distribusi yogurt yang banyak dilakukan oleh masyarakat skala industri kecil pada umumnya adalah dengan mengkombinasi penyimpanan pada coolbox bersuhu 15oC-20oC selama 10jam dan dilanjutkan dengan penyimpanan pada refrigerator bersuhu 5oC selama 14 jam. Tujuan penelitian untuk mengetahui viabilitas bakteri asam laktat dan tingkat keasaman yogurt murbei hitam selama penyimpanan dan distribusi yogurt murbei hitam. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) faktor tunggal dengan yaitu lama penyimpanan selama distribusi dan pemasaran (1, 5, 9, 13, 17 dan 21 hari) dan 4 kali pengulangan. Parameter yang diuji meliputi pH, total asam dan total BAL. Data yang diperoleh dianalisa statistik dengan Analysis of Varians(ANOVA) dan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada α = 5%.Lama penyimpanan selama distribusi dan pemasaran berpengaruhnyata terhadap viabilitas bakteri asam laktat dan tingkat keasaman pada yogurt murbei hitam. Lama waktu penyimpanan, viabilitas BAL dan pH yogurt semakin menurun, dan total asam laktat yogurt murbei hitam semakin meningkat. Jumlah nilai total BAL yogurt murbei hitam setelah penyimpanan 21 hari log 9,1484cfu/ml dengan nilai pH yogurt antara 3,814,tingkat keasaman Soxhlet Henkel 95,03 oSH dan total asam laktat antara 2,14%. Yogurt murbei hitam selama penyimpanan dan distribusi dapat memenuhi syarat SNI sampai 13 hari penyimpanan dengan total BAL log 9,5148 cfu/ ml dan total asam laktat 1,97%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculity of Agricultural Tehnology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Yogurt, murbei hitam, tingkat keasaman, viabilitas bakteri asam laktat
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 18 Jan 2018 08:55
Last Modified: 18 Jan 2018 08:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13147

Actions (login required)

View Item View Item