Soeranto, Tommy (2017) Analisis pengaruh intangible assets terhadap nilai perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (170kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (278kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) |
Abstract
Intangible assets adalah aset non moneter yang tidak memiliki bentuk fisik tetapi memberikan relevansi nilai bagi perusahaan. Intangible assets sangat penting peranannya karena memiliki arus kas bagi perusahaan. Semakin berkembangnya teknologi, tingkat intangible assets yang dimiliki perusahaan juga semakin meningkat. Cukup banyak intangible assets yang bisa diidentifikasi oleh perusahaan namun tidak dapat dimasukkan laporan keuangan karena sulitnya kriteria pengakuan dan pengukuran PSAK 19. Tidak banyak laporan keuangan perusahaan yang mengungkapkan intangible assets, padahal intangible assets memegang peranan penting bagi perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Intangible assets dalam penelitian ini diukur berdasarkan PSAK 19 dan non PSAK 19 yang terdiri dari brand value dan pengungkapan R&D. PSAK 19 diukur dengan nilai intangible assets yang ada di dalam laporan keuangan. Non PSAK 19 yaitu R&D diukur dengan menggunakan variabel dummy, sedangkan brand value menggunakan metode content analysis. Nilai perusahaan diukur dengan Price to Book Value (PBV). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Top 100 Most Valuable Brand di majalah SWA dan terdaftar di BEI tahun 2015-2016. Sampel perusahaan dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa PSAK 19 dan R&D berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan brand value berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian tambahaan meunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki nilai brand value tertinggi versi SWA, Non PSAK 19 yaitu R&D mempunyai pengaruh yang lebih kuat terhadap nilai perusahaan dibandingkan intangible assets lainnya. Sedangkan perusahaan dengan nilai brand value terendah versi SWA, menunjukkan bahwa brand value mempunyai pengaruh negatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Intangible assets, PSAK 19, brand value, R&D, PBV |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 4993 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 01:45 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 06:08 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13149 |
Actions (login required)
View Item |