Laporan kerja praktek PT. Sinar Indah Kertas II 5 Juni - 4 Agustus 2017

Hanelin, Gisela Anke and Wiyanto, Lukius Denny (2017) Laporan kerja praktek PT. Sinar Indah Kertas II 5 Juni - 4 Agustus 2017. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

PT. Sinar Indah Kertas II merupakan pabrik kertas ke - 2 yang didirikan oleh Bapak Tanto Wijaya pada tahun 2010 yang hingga saat ini berkembang menjadi salah satu prabrik kertas di Indonesia. Bahan baku yang digunakan adalah kertas karton bekas yang disuplai dari kota Pati dan sekitarnya. Jenis kertas yang diproduksi yaitu kertas corugated medium dan medium liner. Perusahaan ini terletak di jalan raya Pati-Kudus km 4 Pati telah memproduksi kertas dan mendistribusikan ke beberapa pabrik ternama di Indonesia seperti pabrik kertas Pusaka Raya Kudus. Proses produksi kertas dimulai dari tahap pemilihan bahan baku, proses pemisahan antara pengotor seperti tali, staples, dan pengotor lainnya, pembuatan bubur kertas, pencampuran bahan kimia sebagai bahan untuk membuat kertas dan pengerolan kertas serat kertas yang sudah bersih dilewatkan pada paper machine untuk digulung menjadi kertas. Pengendalian kualitas kertas memegang peranan penting dalam menjaga kualitas kertas yang diproduksi. Untuk menjaga kualitas kertas, bahan baku yang diterima dari supplier dipilih sesuai persyaratan dan produk setiap tahapan proses dianalisis di laboratorium. PT. Sinar Indah Kertas II menggunakan sarana utilitas meliputi air, steam, listrik, dan bahan bakar. Pabrik ini mempunyai pengolahan limbah dengan beberapa proses yaitu sedimentasi, ekualisasi pengendapan partikel – partikel buburan dengan bantuan chemical di primary clarifier, clear water, aerasi, dan pengukuran BOD dan COD di secondary clarifier dan sampling chest. Daerah pemasaran produk mencakup hampir seluruh daerah di Pulau Jawa dan luar Jawa. Struktur organisasi yang digunakan terdiri dari kepala bagian di setiap daerah proses beberapa contohnya kepala bagian pemasaran, kepala bagian gudang, kepala bagian umum (personalia), kepala bagian boiler, kepala bagian unit pengolahan limbah, kepala bagian produksi dan lainnya. PT. Sinar Indah Kertas II menggunakan steam sebagai media pemanas untuk proses pengerollan kertas pada paper machine. Boiler yang digunakan adalah jenis water tube boiler yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakar. Dari penyelesaian perhitungan efisiensi boiler menggunakan metode aktual, diperoleh bahwa efisiensi boiler sebesar 86,99 %, sedangkan jika secara perhitungan teori, efisiensi boiler ialah 88,07%. Untuk waste water treatment yang ada sangatlah bagus dengan efisiensi 96%.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Proses, kertas, efisiensi, boiler
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 4801 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 14:04
Last Modified: 25 Jan 2018 14:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13214

Actions (login required)

View Item View Item