Laporan kerja praktek PT. Platinum Ceramics Industry 5 Juni – 4 Agustus 2017

Prasetya, Daniel and Panjiarto, Weely Prasetyo (2017) Laporan kerja praktek PT. Platinum Ceramics Industry 5 Juni – 4 Agustus 2017. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

PT. Platinum Ceramics Industry yang dibangun pada tahun 1971 merupakan salah satu industri penghasil ubin keramik terbesar di Indonesia. Perusahaan yang dibangun di Jalan Karang Pilang Barat nomor 201 Surabaya ini awalnya bernama PT. Asia Victory Industry, Ltd., yang kemudian berganti nama menjadi PT. Platinum Ceramics Industry pada bulan Juli 2002. Saat ini PT. Platinum Ceramics Industry (PCI) memiliki 11 pabrik yang tersebar di 3 kota, yaitu 8 pabrik di Karang Pilang, Surabaya, 2 pabrik di Lebaniwaras, Gresik, dan 1 pabrik di Rengasbandung, Depok. Sebagai produsen penghasil keramik terbesar di Indonesia, PCI memproduksi keramik lantai, keramik dinding dan keramik dekorasi, dengan berbagai varian ukuran, pola dan warna. Metode produksi keramik di PCI menggunakan metode Single Firing, dimana proses pembakaran hanya dilakukan sekali. Tahapan proses produksi keramik diawali dari bahan baku yang dikecilkan ukurannya menggunakan jaw crusher/ roll crusher, kemudian bahan baku melewati alat penimbangan dan diteruskan menuju ball mill dengan bantuan belt conveyor. Pada ball mill ditambahkan air dan deflokulan berupa water glass yang berfungsi untuk memperbaiki sifat reologi dari hasil gilingan berupa slurry atau yang biasa disebut slip. Slip ditampung di dalam sumur sebelum dialirkan ke spray dryer untuk dikeringkan menjadi powder. Powder hasil keluar spray dryer akan ditampung di silo sebelum dilanjutkan ke mesin press. Pada mesin press terjadi pencetakan body keramik dengan ukuran tertentu. Setelah keluar dari mesin press, body dilewatkan horizontal dryer untuk mengurangi kadar air dalam body. Setelah keluar horizontal dryer, body melewati glazing line untuk proses pelapisan engobe dan glasir. Pelapisan permukaan body berguna untuk mencegah keluarnya udara dari pori-pori body yang dapat menimbulkan kerusakan pada corak atau motif. Body kemudian diteruskan menuju proses pembakaran dengan alat roller kiln. Setelah keluar dari kiln, ubin disortir secara manual dan otomatis menjadi 4 tipe kualitas. Setelah melewati sortir, ubin secara otomatis dipilah sesuai kualitasnya dengan bantuan sensor optik pada alat stacker, lalu dikemas pada mesin packaging. Sarana utilitas yang tersedia pada PCI yaitu unit pengelolaan air, listrik, bahan bakar serta pengolahan limbah. Adapun limbah padat dan cair dari PCI diolah lagi untuk digunakan sebagai campuran bahan baku, sedangkan limbah gas hasil pembakaran dibuang langsung melalui cerobong asap. Pengendalian kualitas dilakukan mulai dari bahan baku, proses hingga produk jadi berupa pengujian secara fisika maupun kimia. Produk keramik yang dihasilkan oleh PCI telah tersebar di dalam maupun di luar negeri. Beberapa negara yang merupakan pasar terbesar PCI yaitu Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara di Timur Tengah.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 4793 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 13:30
Last Modified: 25 Jan 2018 13:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item