Uji antipiretik patch ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.)Dengan enhancer na-lauril sulfat dan matriks cmc-na terhadap temperatur tikus putih

Cahyaningrum, Heni (2017) Uji antipiretik patch ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.)Dengan enhancer na-lauril sulfat dan matriks cmc-na terhadap temperatur tikus putih. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy

Abstract

Ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) telah terbukti memiliki efek antipiretik sehingga dapat meningkatkan khasiat dari tanaman tradisional. Untuk mengembangkan formulasi ekstrak etanol bawang merah maka dibuat dalam sediaan patch topikal, dengan penambahan Natrium lauril sulfat sebagai enhancer yang berfungsi untuk meningkatkan penetrasi bahan aktif agar dapat menembus kulit, dan dapat memberikan efek pengobatan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antipiretik dari ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) yang mengandung enhancer Natrium lauril sulfat terhadap temperatur tikus putih yang diinduksi vaksin DPT. Pengujian antipiretik menggunakan tikus putih jantan dengan usia 2-3 bulan dengan berat badan berkisar 150-200 gram, sebanyak 24 ekor yang telah terbagi dalam 4 kelompok perlakuan. Semua tikus dibuat demam dengan diinduksi vaksin DPT 0,5 ml intraperitoneal. Kelompok kontrol negatif (patch tanpa ekstrak), kelompok kontrol positif (parasetamol per oral dan patch tanpa ekstrak), kelompok perlakuan I (patch ekstrak dan enhancer) dan kelompok perlakuan II (patch ekstrak tanpa enhancer). Temperatur tubuh tikus putih diukur dengan menggunakan ear thermometer. Analisis data temperatur dengan menggunakan one way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula patch ekstrak bawang merah dengan penambahan enhancer dapat menurunkan temperatur tubuh sebesar 35,07oC ± 0,17 dan tidak berbeda signifikan dengan kontrol positif yang diberikan parasetamol secara per oral yaitu 34,75oC ± 0,56.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Allium ascalonicum L., patch, enhancer, antipiretik, temperatur
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5002 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:21
Last Modified: 26 Jan 2018 04:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13332

Actions (login required)

View Item View Item