Analisis dan perancangan prosedur operasional standar atas siklus pendapatan dalam rangka meningkatkan pengendalian internal perusahaan jasa pelapisan hardchrome (studi kasus pada PT Kharisma Hero Abadi)

Handoyo, Evan (2018) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar atas siklus pendapatan dalam rangka meningkatkan pengendalian internal perusahaan jasa pelapisan hardchrome (studi kasus pada PT Kharisma Hero Abadi). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki objek yaitu perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelapisan hardchrome dengan nama PT Kharisma Hero Abadi. Siklus pendapatan merupakan kegiatan operasional yang sangat vital bagi perusahaan jasa, dimana PT Kharisma Hero Abadi memiliki beberapa permasalahan pada siklus pendapatannya yang dilakukan secara kredit. Masalah tersebut terkait batas kredit serta dokumen-dokumen yang digunakan dalam penerimaan pesanan, penerimaan barang, dan pengerjaan pelapisan. Siklus pendapatan seharusnya memiliki sumber data dan informasi yang berkualitas serta pengendalian internal yang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap dokumen agar lebih memadai serta terhadap prosedur pada siklus pendapatan guna meningkatkan pengendalian internal yang ada didukung dengan Prosedur Operasional Standar untuk menciptakan konsistensi. Ini diharapkan membuat siklus pendapatan dapat berjalan lebih baik, lancar, dan konsisten. Penelitian ini merupakan analisis studi kasus dengan sumber data primer. Data berasal dari internal perusahaan yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian tersebut dimulai dengan menganalisis, mengevaluasi, dan memberikan usulan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam siklus pendapatan perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan usulan desain dokumen baru yang memadai serta prosedur perbaikan dalam siklus pendapatan PT Kharisma Hero untuk meningkatkan pengendalian internal yang ada. Dokumen yang dihasilkan terdiri atas Pesanan Pengerjaan, Bukti Terima Barang, Kartu Piutang Pelanggan, dan Laporan Pengerjaan Peapisan. Dalam mendukung pengendalian internal tersebut, diperlukan sebuah Prosedur Operasional Standar (POS). Prosedur Operasional Standar siklus pendapatan tersebut diharapkan mampu menciptakan aktivitas bisnis yang terstruktur, sistematis, efektif, efisien, dan konsisten dalam kegiatan operasional PT Kharisma Hero Abadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Siklus pendapatan, pengendalian internal, perusahaan jasa, prosedur operasional standar
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Evan Handoyo
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:37
Last Modified: 24 Jan 2018 08:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13408

Actions (login required)

View Item View Item