Optimasi formula masker wajah gel peel-off dengan kombinasi pva sebagai film agent, hpmc sebagai thickening agent, dan etanol sebagai pengering

Haulussy, Michelle Regina (2017) Optimasi formula masker wajah gel peel-off dengan kombinasi pva sebagai film agent, hpmc sebagai thickening agent, dan etanol sebagai pengering. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kosmetik merupakan suatu bentuk sediaan farmasi yang berperan penting untuk memberikan perlindungan pada bagian luar tubuh seperti kulit wajah. Salah satu produk kosmetik untuk kulit wajah yaitu masker wajah gel peel-off yang mampu memberikan rasa kencang serta mengangkat kotoran dan lapisan kulit mati sehingga kulit terasa bersih, cerah dan lembut. Formula masker wajah gel peel-off mengacu formula standar dan di modifikasi dengan penambahan PVP K-30 sebagai stabilizer agent. Formula masker wajah gel peel-off dioptimasikan dengan metode faktorial desain untuk mendapatkan komposisi yang optimal. Faktor yang digunakan adalah kombinasi PVA sebagai filming agent dengan konsentrasi (-) 6% dan (+) 13%, HPMC sebagai thickening agent dengan konsentrasi (-)0,45% dan (+) 1%, dan etanol sebagai pengering (-)12% dan 19%. Respon yang digunakan dalam penelitian ini adalah viskositas, daya sebar, dan waktu kering. Hasil penelitian menunjukan bahwa PVA berpengaruh signifikan untuk meningkatkan viskositas, menurunkan daya sebar dan waktu kering. HPMC berpengaruh signifikan untuk meningkatkan viskositas, menurunkan daya sebar dan waktu kering. Etanol berpengaruh signifikan untuk menurunkan viskositas, menigkatkan daya sebar dan mempercepat waktu kering. Formula optimum masker wajah gel peel-off yang didapatkan dengan program design expert adalah kombinasi konsentrasi PVA 9,08 %, HPMC 0,95 % dan etanol 18,77% dengan prediksi memiliki nilai viskositas sebersar 8512,14 cPs, daya sebar 6,88 cm dan waktu kering 10,98 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Etanol, HPMC, Masker gel peel-off, Optimasi, PVA.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5059 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:17
Last Modified: 26 Jan 2018 04:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13463

Actions (login required)

View Item View Item