Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi saham treasuri pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015

Ratnasari, Vanesha (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi saham treasuri pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (719kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Saham treasuri adalah suatu kegiatan di mana perusahaan melakukan pembelian kembali atas saham yang beredar di bursa efek. Pada kondisi tertentu saham treasuri dilakukan dengan tujuan adanya kelebihan kas, menaikkan leverage perusahaan, dan pengaruh dari struktur kepemilikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh free cash flow, leverage dan struktur kepemilikan terhadap saham treasuri. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia berupa data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di BEI yang melakukan saham treasuri periode 2010-2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa free cash flow dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap saham treasuri. Hal ini disebabkan karena saham treasuri dapat digunakan untuk mendistribusikan kelebihan dana kepada pemegang saham dan ketika perusahaan mendistribusikan modal ini akan mengurangi ekuitas dan meningkatkan rasio leverage. Kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap saham treasuri. Hal ini disebabkan karena saham treasuri sebagai alat pengawasan menjadi tidak berfungsi karena konflik keagenan sudah teratasi oleh semakin selarasnya tujuan manajer dan pemegang saham. Selain itu, saham treasuri memungkinkan akan mengurangi porsi kepemilikan investor institusional yang membuat hak kontrol mereka juga akan berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Saham treasuri, free cash flow, leverage, struktur kepemilikan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4905 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 08:19
Last Modified: 25 Jan 2018 08:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item View Item