Studi penggunaan antihipertensi golongan angiotensin receptor blockers terhadap pasien gagal ginjal kronik stadium v di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya.

Bura, Ursula Dua Klowe (2018) Studi penggunaan antihipertensi golongan angiotensin receptor blockers terhadap pasien gagal ginjal kronik stadium v di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Gagal ginjal kronik merupakan kerusakan ginjal baik secara fungsional atau struktural selama lebih dari 3 (tiga) bulan dengan atau tanpa penurunan Glomerular Filtration Rate (GFR), dimanifestasikan sebagai salah satu kelainan patologi atau pertanda kerusakan ginjal, termasuk kelainan komposisi darah atau urin atau kelainan radiologi. Selain itu gagal ginjal kronik juga didefinisikan sebagai suatu keadaan dengan nilai GFR kurang dari 60 ml / menit / 1,73 m2, selama lebih dari 3 (tiga) bulan dengan atau tanpa kerusakan ginjal. Salah satu faktor resiko terjadinya gagal ginjal kronik adalah hipertensi. Tujuan pemberian antihipertensi untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut pada organ lain, selain itu juga untuk menurunkan tekanan darah pasien gagal ginjal kronik dengan target ≤ 140 mmHg. Antihipertensi golongan Angiotensin Receptor Blockers (ARB) merupakan terapi lini pertama yang digunakan untuk mengurangi tekanan darah sehingga dapat menunda kerusakan ginjal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola penggunaan obat antihipertensi golongan ARB pada pasien gagal ginjal kronik stadium V di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya yang dikaitkan dengan data klinik dan data laboratorium. Penelitian dilakukan secara observasional dengan rancangan penelitian bersifat deskriptif dan penggambilan data secara retrospektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang memenuhi kriteria inklusi 30 pasien menggunakan terapi antihipertensi ARB, dimana jumlah jenis kelamin terbanyak 67% laki-laki dan 33% perempuan, jumlah terbanyak pada usia 31-70 tahun, jumlah terbanyak 90% untuk penggunaan ARB dan antihipertensi lainnya dan ARB tunggal 10%, kombinasi paling banyak antihipertensi golongan ARB dan CCB 41%. Tekanan darah pasien sebagian besar memenuhi target ≤ 140 mmHg.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: gagal ginjal kronik stadium V, antihipertensi, angiotensin receptor blockers, tekanan darah.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5103 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:17
Last Modified: 26 Jan 2018 04:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item