Optimasi formula masker wajah gel peel-off ekstrak kering buah pepaya (Carica papaya L.) kombinasi etanol, gliserin dan hpmc

Budianty, Florensia Retha (2017) Optimasi formula masker wajah gel peel-off ekstrak kering buah pepaya (Carica papaya L.) kombinasi etanol, gliserin dan hpmc. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Masker wajah merupakan produk perawatan yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah serta memberikan rasa lembab, kencang, dan lembut setelah masker diangkat atau dikelupas dari permukaan wajah. Saat ini, sediaan masker wajah yang tersedia dipasaran banyak dikombinasikan dengan bahan alam yang dapat menambah nilai guna dari sediaan masker tersebut. Salah satu bahan alam yang dapat dimanfaatkan yakni buah pepaya (Carica papaya L.) karena mengandung beta karoten yang berkhasiat antioksidan. Pada penelitian ini dilakukan optimasi menggunakan 3 faktor yakni etanol sebagai pengering, gliserin sebagai plastisaiser dan HPMC sebagai pengental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi etanol, gliserin dan HPMC serta kombinasi ketiganya. Konsentrasi yang digunakan yakni etanol (-) 10% dan (+) 12%, gliserin (-) 5% dan (+) 10%, serta HPMC (-) 0,5% dan (+) 1%. Penelitian ini menggunakan metode factorial design dengan software design expert ver 10.0 Yate’s Treatment (α = 0,05). Respon yang digunakan yakni viskositas, daya sebar dan waktu kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etanol berpengaruh dalam menurunkan viskositas, daya sebar dan waktu kering. Gliserin berpengaruh dalam meningkatkan viskositas dan waktu kering tetapi menurunkan daya sebar. HPMC berpengaruh dalam meningkatkan viskositas dan waktu kering, tetapi menurunkan daya sebar. Interaksi ketiganya berpengaruh meningkatkan viskositas, tetapi menurunkan daya sebar dan waktu kering. Formula optimum pada masker gel peel-off yang diperoleh dengan design expert yaitu kombinasi etanol 10,33%, gliserin 7,82% dan HPMC 0,85% dengan perkiraan hasil viskositas 28.977,497 cPs, daya sebar 5,673 cm dan waktu kering 15,47 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Carica papaya L. Etanol, Gliserin, HPMC, Masker gel peeloff.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5012 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 02:11
Last Modified: 30 Jan 2018 02:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13564

Actions (login required)

View Item View Item