Analisis fraud diamond terhadap kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan property, real estate, dan building construction

Limanto, Yohana Olivia Nikita (2018) Analisis fraud diamond terhadap kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan property, real estate, dan building construction. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan dengan analisis fraud diamond. Penelitian ini menganalisis sisi tekanan dengan variabel stabilitas keuangan, tekanan eksternal, dan target keuangan, sisi peluang dengan variabel sifat industri dan ketidakefektifan pengawasan, sisi rasionalisasi dan sisi kapabilitas. Masing-masing variabel menggunakan proksi untuk pengukurannya. Total sampel yang digunakan adalah 47 perusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan sektor property, real estate, dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stabilitas keuangan yang diukur dengan rasio perubahan aset serta variabel tekanan eksternal yang diukur dengan leverage berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan. Sedangkan variabel target keuangan yang diproksikan dengan ROA, sifat industri yang diproksikan dengan rasio perputaran persediaan, ketidakefektifan pengawasan yang diproksikan dengan jumlah dewan komisaris independen, variabel rasionalisasi yang diukur dengan opini audit, dan kapabilitas yang diukur dengan perubahan direksi tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan pelaporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: fraud diamond, kecurangan pelaporan keuangan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal, target keuangan, sifat industri, ketidakefektifan pengawasan, rasionalisasi, kapabilitas.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yohana Ovilia Nikita Limanto
Date Deposited: 25 Jan 2018 09:05
Last Modified: 25 Jan 2018 09:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item View Item