Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) terhadap siklus pendapatan pada organisasi dagang bahan kimia (Studi kasus pada CV Innorez)

Redjosoewignjo, Astrid Amerin (2017) Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) terhadap siklus pendapatan pada organisasi dagang bahan kimia (Studi kasus pada CV Innorez). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus organisasi dagang yang bergerak dibidang perdagangan eceran khusus bahan kimia yang dilakukan di CV INNOREZ. Siklus pendapatan merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh pada laba organisasi. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem informasi yang baik pada siklus pendapatan untuk menjaga stabilitias penerimaan kas organisasi. Permasalahan yang dihadapi oleh CV INNOREZ dalam siklus pendapatan adalah tidak adanya aturan formal sehingga menyebabkan tidak adanya pemisahan tugas dalam organisasi. Organisasi juga tidak menentukan batas waktu pembayaran bagi pelanggan dalam melunasi piutang dan tidak memberikan sanksi apabila pelanggan terlambat membayar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) untuk meningkatkan aktivitas pengendalian internal organisasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari pihak internal organisasi yaitu CV INNOREZ dengan menggunakan metode wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis, melakukan perbaikan, mengevaluasi dan melakukan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) atas siklus pendapatan organisasi. Selain itu, penelitian ini juga memberikan solusi untuk masalah yag dihadapi organisasi dalam siklus pendapatan. Solusi yang diberikan yaitu dengan merevisi serta membuat dokumen baru terkait siklus pendapatan serta memperbaiki prosedur atas siklus pendapatan agar dapat meningkatkan aktivitas pengendalian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Prosedur operasional standar (POS), siklus pendapatan, aktivitas pengendalian
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 5272 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:35
Last Modified: 30 Jan 2018 08:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item