Pengaruh strategi dan karakteristik perusahaan terhadap pentingnya environmental management accounting (EMA)

Lanita, Ingrid (2017) Pengaruh strategi dan karakteristik perusahaan terhadap pentingnya environmental management accounting (EMA). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (986kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya beberapa fakta permasalahan lingkungan, tuntutan masyarakat, dan peraturan yang berkembang mengenai lingkungan, kini perusahaan mulai mengungkapkan informasi kinerja lingkungannya sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban lingkungan terhadap stakeholders. Dalam melakukan hal ini, Environmental Management Accounting (EMA) sangat berperan penting dalam menghasilkan informasi lingkungan moneter dan fisik yang dapat digunakan untuk mengukur dampak lingkungan serta mengalokasikan biaya terkait lingkungan secara lebih tepat guna meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan. Pentingnya EMA dalam suatu perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti strategi dan karakteristik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh strategi dan karakteristik perusahaan terhadap pentingnya EMA. Strategi perusahaan dibedakan menjadi strategi prospector dan defender. Sedangkan, karakteristik perusahaan yang digunakan yaitu tipe industri dan ukuran perusahaan. Pentingnya EMA diukur melalui banyaknya pengungkapan informasi EMA dalam laporan tahunan dan laporan keuangan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mengikuti program PROPER dengan periode penelitian 2013-2016. Hasil penelitian membuktikan bahwa perusahaan dengan strategi defender cenderung menganggap penting EMA dibandingkan perusahaan dengan strategi prospector, perusahaan dengan tipe industri high profile cenderung menganggap penting EMA dibanding perusahaan dengan tipe low prifile , dan perusahaan besar menganggap penting EMA dibanding perusahaan kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Strategi perusahaan, karakteristik perusahaan, tipe industri, ukuran perusahaan, environmental management accounting.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Ingrid Lanita
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:48
Last Modified: 30 Jan 2018 08:48
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13751

Actions (login required)

View Item View Item