Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi

Suharto, Chrispina Yulinda (2017) Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menjalankan aktivitas operasinya, perusahaan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan nilai perusahaannya. Namun tanggung jawab tidak hanya berfokus pada segi ekonomi (profit) saja, tetapi juga lingkungan (planet) dan masyarakat (people). Hal tersebut menuntut perusahaan untuk bertanggung jawab atas masalah lingkungan sosial atau disebut dengan Corporate Social Responsibility. Semakin luas CSR dalam perusahaan tersebut, maka akan semakin menarik perhatian para investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Hal tersebut mengakibatkan nilai perusahaan ikut meningkat. Selain itu, CSR yang luas juga akan meningkatkan image perusahaan di mata stakeholder (konsumen, pemerintah, masyarakat sekitar). Diikuti penjualan perusahaan yang meningkat akan mampu menaikkan laba. Laba yang meningkat diharapkan mampu melakukan CSR lebih luas. CSR yang semakin luas akan mampu menjamin keberlangsungan hidup dari perusahaan tersebut. Investor akan lebih yakin terhadap perusahaan yang keberlangsungan hidupnya lebih terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. CSR menggunakan indikator GRI G.3 dari pengungkapan CSR di laporan tahunan, nilai perusahaan diukur dengan price to book value, sedangkan profitabilitas diproksikan dengan return on equity (ROE). Desai penelitian ialah pengujian hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data adalah kuantitatif serta sumber data adalah BEI dan SahamOk. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Terdapat 35 perusahaan yang digunakan sebagai sampel dipilih menggunakan purposive sampling method. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi moderasi. Hasil penelitian mnunjukkan bahwa profitabilitas mampu memoderasi hubungan CSR dengan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, nilai perusahaan, profitabilitas
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 5217 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 08:44
Last Modified: 30 Jan 2018 08:44
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item