Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan demonstrasi pada pokok bahasan elastisitas dan hukum Hooke untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Nirmawati, Sofa (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan demonstrasi pada pokok bahasan elastisitas dan hukum Hooke untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan skenario yang dipersiapkan oleh guru sebelum mengajar, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan demonstrasi pada pokok bahasan elastisitas dan hukum Hooke untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Kunci Jawaban LKS, dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah diujicobakan pada 42 siswa kelas XI MIPA B SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan dengan kategori baik. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP adalah 85,875% yaitu proses belajar mengajar terlaksana sangat baik sesuai dengan yang direncanakan, keaktifan siswa adalah 19,23 dengan kategori aktif, peningkatan hasil belajar dengan N-Gain Score 0,55 dengan kategori sedang, dan persentase respon siswa adalah 75,05% dengan kategori respon positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan demonsrasi pada pokok bahasan elastisitas dan hukum Hooke dapat melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, STAD, Elastisitas dan Hukum Hooke, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 5317 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:47
Last Modified: 08 Feb 2018 07:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item View Item