Pengaruh proporsi air perasan lemon (Citrus limon L.) terhadap aktivitas antidiabetik minuman beluntas (Pluchea indica Less) teh hitam

Santoso, Sharen Oktaviani (2017) Pengaruh proporsi air perasan lemon (Citrus limon L.) terhadap aktivitas antidiabetik minuman beluntas (Pluchea indica Less) teh hitam. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (934kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pluchea indica Less merupakan tanaman herbal yang sudah dikenali masyarakat Indonesia. Daun beluntas mengandung senyawa fitokimia, seperti lignan, terpena, fenilpropanoid, benzoid, alkana, katekin, saponin, tanin, alkaloid, sterol, fenol hidrokuinon, dan flavonoid yang berpotensi sebagai zat antidiabetik sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Salah satu alternatif pemanfaatan daun beluntas adalah dijadikan minuman yang dikemas dalam tea bag yang disubstitusi teh hitam. Telah diuji bahwa proporsi bubuk beluntas dengan teh hitam 3:1 (b/b) merupakan perlakuan terbaik. Salah satu produk pemanfaatan beluntas adalah minuman beluntas teh hitam dengan penambahan lemon. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan lemon pada minuman beluntas:teh hitam 3:1 (b/b) terhadap kemampuan menghambat enzim α-amilase dan α-glukosidase. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor meliputi penambahan air perasan lemon yang terdiri dari enam taraf perlakuan: 0, 1, 2, 3, 4, dan 5 (%v/v). Hasil menunjukkan bahwa penambahan jus lemon pada minuman beluntas teh hitam lemon berpengaruh nyata pada penghambatan enzim α-amilase tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kemampuan enzim α-glukosidase. Penambahan jus lemon pada konsentrasi 1% dapat menghambat aktivitas enzim α-amilase tertinggi sebesar -24,99 ± 2,90% dengan TPC (total phenolic content) dan TFC (total flavonoid content) masing – masing sebesar 175,00 ± 0,50 mg GAE/L dan 29,75 ± 3,42 mg CE/L.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Beluntas, teh hitam, lemon, aktivitas antidiabetik
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 5384 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:42
Last Modified: 06 Mar 2018 06:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item