Kepuasan anggota @sbytubers dalam menggunakan media sosial youTube

Sutanto, Elbert Christian (2018) Kepuasan anggota @sbytubers dalam menggunakan media sosial youTube. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V .pdf

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy

Abstract

Menurut Ruggiero (2000), dalam jurnal yang berjudul Uses and Gratification Theory in the 21st Century mengatakan bahwa pendekatan uses and gratification digunakan dalam penggunaan media massa baru seperti surat kabar, radio, televisi, dan kini internet (media sosial). Dengan media sosial yang terus berkembang di Indonesia dengan sifat audiens yang dapat memilih secara bebas media sosial apa yang akan dipakai dan digunakan maka hal ini akan menciptakan motif dan tujuan yang berbeda-beda dari setiap audiens yang ada untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasannya.YouTube merupakan salah satu dari banyaknya media sosial yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya di surabaya ada @sbytubers. @sbytubers sendiri merupakan komunitas yang terbentuk oktober 2015, dan bertujuan untuk mewadahi dan menjadi tempat diskusi YouTubers Surabaya mulai dari yang pemula hingga sudah jago. Penelitian ini sendiri berfokus terhadap Gratification Sought atau sebelum menggunakan media sosial dan Gratification Obtained atau setelah menggunakan media sosial menggunakan teori motif dalam menggunakan media sosial yang dikembangkan oleh Anita Whitting dan David William dengan judul Why People Use Social Media(2013). Terdapat 10 indikator dalam teori ini yaitu Social interaction,Information seeking, Pass time, Entertainment, Relaxation, Expression of opinions, Communicatory utility, Convenience utility, Information sharing, Surveillance. penelitian ini menggunakan metode Survey dengan menggunakan instrumen kuisioner dengan penyebaran secara simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan anggota @sbytubers merasa puas dalam menggunakan media sosial YouTube namun ada 2 dari 10 indikator yang anggota @sbytubers tidak mendapatkan kepuasan, indikator yang pertama adalah Information Seeking dan indikator Social Interactions. Anggota @sbytubers mendapatkan kepuasan pada indikator Information sharing, Pass time, Entertainment, Relaxation, Expression of opinions, Communicatory utility, Convenience utility, Surveillance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, @sbytubers, Media Sosial, Uses and Gratification, YouTube, Media
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 5473 not found.
Date Deposited: 08 May 2018 06:24
Last Modified: 08 May 2018 06:24
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/14574

Actions (login required)

View Item View Item