Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT)untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis di kelas MIPA C semester 4 SMAK Frateran Maumere

Ito, Maria de Lourdes Moa (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT)untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis di kelas MIPA C semester 4 SMAK Frateran Maumere. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru Fisika pada bulan Oktober 2017, diketahui bahwa siswa kelas MIPA C semester 4 dalam proses pembelajaran fisika kurang mampu menguasai materi yang diberikan oleh guru dan kurang terlibat aktif. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang berlaku di SMAK Frateran Maumere adalah 75 sedangkan hasil ulangan siswa yang memenuhi KKM hanya 23,3% atau hanya 7 dari 30 siswa yang tuntas Berdasarkan observasi sekitar 16,67% siswa yang aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa lainnya kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa lebih suka berbicara dengan teman, bermain dan melamun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada pokok bahasan fluida statis. Model pembelajaran tipe TGT dipilihkarena mengacu pada belajar kelompok siswa dan menggunakan turnamen akademik setiap pertemuan sehingga membangkitkan minat belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal serta melatih siswa bekerja secara kooperatif dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari tiga siklus yang dilaksanakan dari tanggal 9 Maret 2018 sampai dengan 16 Maret 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa adalah 48,15% dan persentase keaktifan siswa yang diperoleh adalah sebesar 18,52% siswa aktif,44,44% siswa cukup aktif dan 37,04% siswa tidak aktif. Pada siklus II persentase ketuntasan siswa adalah 72,41% dan persentase keaktifan siswa yang diperoleh adalah sebesar 51,72% siswa aktif,34,48% siswa cukup aktif dan 13,80% siswa tidak aktif. Pada siklus III persentase ketuntasan siswa adalah 79,31% dan persentase keaktifan siswa yang diperoleh adalah sebesar 75,86% siswa aktif,24,14% siswa cukup aktif dan 0% siswa tidak aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Kooperatif , TGT, Peningkatan Keaktifan, Hasil Belajar, Fluida Statis
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Maria de L.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:18
Last Modified: 09 Aug 2018 04:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item