Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan usaha dan rnergi untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa

Ngasa, Gracedelia Jeaniwelasny (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan usaha dan rnergi untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I .pdf

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan skenario yang dipersiapkan oleh guru sebelum mengajar, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division pada pokok bahasan Usaha dan Energi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa (BS), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Jawaban LKS, dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran diujicobakan pada 26 siswa kelas X IPA 1 SMA St. Carolus Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah memenuhi syarat kevalidan dengan kategori baik. Penelitian yang dilakukan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan rincian keterlaksanaan RPP adalah 95% yaitu proses belajar mengajar terlaksana sangat baik sesuai dengan yang direncanakan, peningkatan hasil belajar dengan N-Gain Score 0,87 dengan kategori tinggi, dan persentase respon siswa adalah 82,52% dengan kategori respon sangat positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan Usaha dan Energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 SMA St. Carolus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, STAD, Usaha dan Energi , Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Gracedelia L. Ngasa
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:20
Last Modified: 09 Aug 2018 04:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15029

Actions (login required)

View Item View Item