Pembuatan media pembelajaran fisika berbasis komputer pada sub pokok bahasan Franck-Hertz

Mintarsih, Liske Febi (2013) Pembuatan media pembelajaran fisika berbasis komputer pada sub pokok bahasan Franck-Hertz. Other thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang erat kaitannya dalam kehidupan. IPA adalah sosok pengetahuan dan proses. IPA sebagai proses dapat diartikan sebagai aktivitas untuk mendeskripsikan fenomena alam. Mendeskripsikan fenomena alam tidak selalu mudah. Fenomena Franck-Hertz termasuk yang tidak mudah dideskripsikan karena bersifat abstrak,asehingga untuk dapat memahami materi ini diperlukan kemampuan imajinasi yang baik. Sedangkan kemampuan setiap peserta didik berbeda, maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menganimasikan materi ini sehingga mudah untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis komputer yang memuat animasi, video, game, dan simulasi yang dapat mendeskripsikan teori eksperimen Franck-Hertz dengan menggunakan program Macromedia Flash. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis komputer. Pembuatan media dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika dengan sasaran pengguna peserta didik di Prodi Pendidikan Fisika. Penelitian ini diujicobakan kepada 42 peserta didik Prodi Pendidikan Fisika sebagai bagian dari uji lapangan. Hasil dari uji lapangan menunjukkan bahwa dari 42 subjek terdapat 13 peserta didik (30,95%) menyatakan media pembelajaran sangat baik, 25 peserta didik (59,52%) menyatakan media pembelajaran ini baik, 4 peserta didik (9,53%) menyatakan media pembelajaran ini sedang, dan tidak ada peserta didik yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini kurang atau sangat kurang. Berdasarkan uraian tersebut diketahui bahwa 38 peserta didik (90,47%) menyatakan bahwa media pembelajaran ini baik. Secara umum, media pembelajaran yang dibuat menarik dan dapat digunakan sebagai sarana untuk mempermudah pemahaman dalam pembelajaran sub pokok bahasan Franck–Hertz. Kata kunci: Franck–Hertz, media pembelajaran berbasis komputer, Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (Other)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of teacher training and education" not defined]
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 01:58
Last Modified: 01 Oct 2014 01:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item