Laporan Kerja Praktek di di PT. Pabrik Kertas Indonesia

Santoso, Aloisius Kristiadi and Arvando, Febry (2014) Laporan Kerja Praktek di di PT. Pabrik Kertas Indonesia. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Perancangan dan pengembangan produk merupakan suatu konsep untuk memperbaiki produk yg telah ada maupun fasilitas produksi yang ada. Perancangan dan Pengembangan Produk merancang atau memperbaiki desain yang sudah ada agar dapat mendapatkan profit yang lebih atau memperbaiki profit yang hilang pada desain yang lama serta untuk memberpaiki kualitas. Perusahaan dapat melakukan kegiatan produksi, apabila fasilitas produksi telah dirancang / dibuat secara efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. PT. PAKERIN merupakan salah satu perusahaan didirikan dengan status Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada tanggal 15 Maret 1977 yang bergerak di industri pembuatan kertas. Masalah membengkaknya biaya maintenance pada konveyor bahan baku di unit Produksi kertas Duplex dialami oleh PT. PAKERIN. Permasalahan utama terdapat pada desain konveyor bahan baku MWP (Mixed Waste Paper) yang terletak sejajar dengan ketinggian tanah sehingga diperlukan kolong sebagai tempat konveyor. Perancangan desain konveyor yang baru dengan menghilangkan waktu pembersihan kolong konveyor yang cukup lama dan mengganggu proses ( + 1 jam) pada awal shift pertama serta meminimalisasi pengeluaran perusahaan untuk maintenance pada kolong konveyor saat libur hari raya Lebaran. Hasil yang diperoleh dari desain konveyor yang baru adalah penghematan biaya dan waktu yaitu dengan menghilangkan waktu maintenance tiap hari dengan sebagai gantinya cukup membersihkan dengan cara menyapu hamburan kertas yang dapat dilakukan oleh seorang pekerja konveyor (total pekerja pada kolong konveyor berjumlah 5 orang). Waktu maintenance tahunan (dilakukan pada libur lebaran) dapat dihilangkan / diminimalisasikan, karena tidak perlu maintenance / membersihkan kolong konveyor yang sangat sulit. Kegiatan membersihkan konveyor sudah dilakukan setiap hari selama proses pembuatan bubur kertas berjalan. Biaya untuk membersihkan konveyor dapat dihilangkan, sedangkan biaya untuk penggantian suku cadang konveyor akan tetap dilakukan tetapi tidak setiap tahun.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perancangan desain konveyor, kolong konveyor, MWP line
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Febry Arvando
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:45
Last Modified: 09 Aug 2018 07:45
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15204

Actions (login required)

View Item View Item