Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”.

Nugraheni, Yuli and Yuliastuti, Maria (2017) Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”. Jurnal Komunikasi, 11 (1). pp. 61-86. ISSN ISSN: 1978-4597; E-ISSN: 2549-4902

[thumbnail of Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan  Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”.]
Preview
Text (Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”.)
2-Keyakinan_...pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan  Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”_peer_review]
Preview
Text (Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”_peer_review)
2-R1&2_Keyakinan_dan_.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan  Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”.]
Preview
Text (Keyakinan dan Kesukaan Ibu Rumah Tangga Surabaya Mengenai Tayangan Iklan Layanan Masyarakat “Ayo Makan Ikan”.)
2-Keyakinan_hasil_cek_plagiasi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Baru-baru ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memunculkan Iklan Layanan Masyarakat dengan tagline “Ayo Makan Ikan” di televisi yang merupakan media audio visual. Telah lama masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok dan ikan hanya sebagai makan tambahan untuk melengkapi ‘Empat Sehat Lima Sempurna’. Penekanan pesan untuk makan ikan masih terbatas. Padahal faktanya, Indonesia sangat kaya dengan ikannya. Di sinilah KKP memiliki peran yang besar, Saut P. Hutagalung selaku Direktur Jenderal Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan (P2HP) dari KKP mengatakan, “Kami akan terus mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan seperti pada program yang sudah kami terus jalankan yaitu Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan),”.Hal itu juga didukung dengan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) “Ayo Makan Ikan”. Pada penelitian inilah akan dikupas lebih dalam bagaimana tanggapan yang diberikan oleh ibu rumah tangga di Surabaya dalam bentuk keyakinan dan kesukaan mengenai ILM “Ayo Makan Ikan”.Teori yang digunakan antara lain mengenai iklan, prinsip dasar iklan, peran iklan, fungsi iklan, iklan di televisi,elemen iklan, bentuk iklan, jenis iklan, iklan layanan masyarakat, keyakinan (belief) dan kesukaan (feeling). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey pada ibu rumah tangga di Surabaya.Kesimpulan Dalam penelitian ini adalah : Identitas mayoritas responden berumur >34 tahun dan responden mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga serta mayoritas responden tinggal di kawasan Surabaya Timur. Tingkat keyakinan responden pada informasi yang ada dalam setiap elemen iklan adalah tinggi yang artinya responden yakin pada informasi yang disamapaikan melalui elemen video dan audio, talent, setting, lighting, graphics, dan pacing dalam iklan yang memuat informasi ajakan untuk makan ikan. Tingkat kesukaan responden pada informasi yang ada dalam setiap elemen iklan adalah tinggi yang artinya responden suka pada informasi yang disamapaikan melalui elemen video dan audio, talent, setting, lighting, graphics, dan pacing dalam iklan yang memuat informasi ajakan untuk makan ikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Keyakinan, Kesukaan.
Subjects: Communication Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 31 Jul 2018 07:55
Last Modified: 31 Jul 2018 07:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15220

Actions (login required)

View Item View Item