Ulfa, Siti Raafiana (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar fisika di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (31kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (29kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru fisika dan siswa kelas X-5 di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya, bahwa kelas X-5 mengalami kendala dalam kegiatan belajar pada pelajaran fisika. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi pada materi sebelumnya, nilai rata-rata kelas hanya mencapai 45,64. Selama guru menjelaskan materi pelajaran, hanya sedikit siswa yang memperhatikan penjelasan guru. Siswa lebih banyak yang melamun, atau berbincang dengan temannya bahkan ada siswa yang bermain hand phone. Hal ini karena fisika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan sebagian besar siswa. Pada saat guru memberikan soal untuk diselesaikan secara individu, siswa memilih untuk mengerjakan soal secara berkelompok dengan alasan mereka akan lebih mudah menyelesaikan soal apabila dikerjakan secara berkelompok. Guru sudah berusaha melakukan variasi model pembelajaran, namun belum memiliki hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi hasil belajar siswa melalui metode Numbered Heads Together pada kelas X-5 Pokok Bahasan Suhu dan Kalor SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Pada siklus pertama, nilai rata-rata kelas mencapai 64,53 dan persentase partisipasi siswa adalah 47%. Pada siklus kedua rata-rata kelas mencapai 66,78 dan persentase partisipasi siswa adalah 60.%. Dan pada akhir siklus penelitian rata-rata kelas mencapai 72,39 atau 72,22% siswa tuntas Standar Ketuntasan Minimal (SKM) pelajaran fisika, dan persentase partisipasi siswa adalah 70%. Kata Kunci : Suhu dan Kalor, Numbered Heads Together, Partisipasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Suhu dan Kalor, Numbered Heads Together, Partisi pasi |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 01 Oct 2014 02:30 |
Last Modified: | 09 Feb 2015 08:55 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/154 |
Actions (login required)
View Item |