Pengaruh faktor-faktor pembelajaran dalam pelatihan terhadap manfaat pelatihan ditinjau dari perspektif peserta pelatihan

Sasongko, James Waskito (2003) Pengaruh faktor-faktor pembelajaran dalam pelatihan terhadap manfaat pelatihan ditinjau dari perspektif peserta pelatihan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pelatihan sebagai proses pembelajaran, menghasilkan manfaat tertentu bagi peserta pelatihan. Manfaat pelatihan dipengaruhi oleh faktor-faktor pembelajaran, yaitu materi pelatihan, pemberi/penyampai materi (trainer), metode pelatihan, dan ketertarikan individu peserta pelatihan. Keempat faktor tersebut secara bersamaan berperan sebagai variabel penentu bagi manfaat pelatihan yang akan didapat peserta. Manfaat pelatihan biasanya dianggap terwakili oleh hasil penilaian kerja, tapi terdapat beberapa fakta bahwa penilaian kinerja menunjukkan hasil yang bagus meskipun karyawan tidak merasa mendapat manfaat dari pelatihan, atau justru sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keempat faktor pembelajaran tersebut mempengaruhi timbulnya manfaat pelatihan yang dapat dirasakan oleh peserta pelatihan. Penelitian ini membatasi permasalahan pada pengaruh materi pelatihan, pemberi/penyampai materi (trainer), metode pelatihan, dan ketertarikan individu peserta pelatihan pada manfaat pelatihan yang didapatkan karyawan peserta pelatihan yang memiliki tingkatan staf di PT Gawih Jaya dan Yayasan Eduka Pratama. Populasi subyek penelitian adalah staf yang berasal dari kedua perusahaan tersebut, karena kedua perusahaan tersebut memiliki program pelatihan yang cukup teratur dan menyeluruh. Teknik pengambilan sampel yang dipakai ialah purposive non random sampling. Sampel yang dipilih adalah staf PT Gawih Jaya Kantor Pusat Surabaya dan Yayasan Eduka Pratama wilayah Surabaya dan Malang. Pengumpulan data menggunakan alat berupa kuesioner. Teknik analisa yang digunakan ialah analisis regresi dengan perangkat Seri Program Statistik (SPS) 2000 dari Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih (1999). Dari 65 responden yang dapat dipakai, dilakukan analisa dan diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Materi pelatihan, pemberi/penyampai materi (trainer), metode pelatihan, dan ketertarikan individu peserta pelatihan secara bersamaan terbukti memberi pengaruh yang signifikan terhadap tercapainya manfaat pelatihan ditinjau dari perspektif peserta pelatihan; 2. Secara terpisah, faktor materi memberikan kontribusi paling tinggi pada manfaat pelatihan, disusul faktor ketertarikan individu, faktor metode dan kemudian faktor trainer, 3. Terdapat kecenderungan bahwa kualitas trainer justru berbanding terbalik dengan manfaat pelatihan; 4. Total sumbangan efektif keempat faktor pembelajaran tersebut terhadap manfaat pelatihan hanya sebesar 47.049%, yang berarti 52.951% keberadaan manfaat pelatihan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian, sehingga penelitian lanjutan sangat disarankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2015 01:27
Last Modified: 20 Mar 2015 01:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item