Implementasi audit operasional dalam rangka meningkatkan efetivitas aktivitas penjualan (Studi praktik kerja pada PT. Kalimas Chemicals)

Puspitasari, Filia Inwanto (2018) Implementasi audit operasional dalam rangka meningkatkan efetivitas aktivitas penjualan (Studi praktik kerja pada PT. Kalimas Chemicals). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Pengusaha yang ingin berhasil, harus memiliki visi dalam merancang, memilih, dan menerapkan tata kelola yang terbaik untuk perusahaannya. Tata kelola yang baik akan membentuk budaya perusahaan. Dalam mewujudkan tata kelola dan budaya yang baik, perusahaan membutuhkan sistem pengendalian internal yang memadai. PT. Kalimas Chemicals (PT. KC) sebagai perusahaaan disribusi perlu memiliki sistem pengendalian yang memadai. PT. KC memiliki kelemahan dan masalah pada aktivitas penjualannya antara lain, piutang tak tertagih, tidak memiliki daftar umur piutang dan software akuntansi untuk menunjang pencatatan dan pelaporan serta aplikasi pengingat piutang sebelum jatuh tempo untuk meminimalkan risiko kredit macet sehingga informasi kredit macet tidak up to date, struktur organisasi perusahaan juga tidak tertulis serta budaya perusahaan masih belum terbentuk dengan baik, dan terdapat dokumen yang tidak pre-numbered sehingga mempersulit arsip. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber secara primer. Alat dan metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap objek yang diteliti. Implementasi audit operasional terhadap aktivitas penjualan dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas aktivitas penjualan dan memperkuat sistem pengendalian internal PT. KC melalui hasil analisis menggunakan model COSO dan temuan audit (kondisi, sebab, akibat) serta memberikan rekomendasi yang tepat supaya piutang dapat dikelola dengan baik, target penjualan tercapai, informasi kredit macet up to date, adanya daftar umur piutang dan penggunaan software serta aplikasi pengingat piutang yang mendekati jatuh tempo, dokumen Nota Penjualan dan Surat Jalan harus pre-numbered untuk menghindari fraud dan penggunaan dokumen berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Audit operasional, aktivitas penjualan, sistem pengendalian internal, efektivitas
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Filia Inwanto P
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:50
Last Modified: 08 Aug 2018 07:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15677

Actions (login required)

View Item View Item