Pengaruh perbedaan powder carragenan terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik jelly drink edamame (Glycine Max (L.)Merr)

Gozali, Yenny Febriyani (2018) Pengaruh perbedaan powder carragenan terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik jelly drink edamame (Glycine Max (L.)Merr). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Edamame merupakan jenis kedelai yang memiliki banyak kandungan gizi seperti Vitamin B, Vitamin C, serat pangan, zat besi dan bijinya berperan sebagai sumber protein nabati dalam jumlah tinggi yaitu 11,4 g/100 g bahan. Namun pengolahannya, hanya sebatas direbus oleh karena itu perlu dikembangkan produk olahan pangan edamame lain yang disukai oleh masyarakat yaitu jelly drink. Penelitihan ini akan menggunakan senyawa hidrokolid berupa powder carrageenan dalam proses pembentukan gel dari jelly drink edamame. Akan tetapi, konsentrasi powder carrageenan yang tepat belum diketahui. Tujuan dari penelitihan ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi powder carrageenan terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik jelly drink edamame serta mengetahui konsentrasi yang tepat agar dapat menghasilkan jelly drink edamame yang disukai panelis. Rancangan penelitihan yang akan digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) dengan satu faktor yaitu konsentrasi karagenan yang terdiri atas tujuh taraf perlakuan yakni 0,10%; 0,15%; 0,20%; 0,25%; 0,30%; 0,35%; 0,40% (b/v), dengan empat kali pengulangan. Pengujian sifat fisikokimia yang akan dilakukan adalah pengujian Total Padatan Terlarut, pH , laju alir, dan daya hisap serta pengujian sensoris organoleptik yang akan dilakukan adalah uji kesukaan aroma, rasa, kemudahan dihisap dan mouthfeel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi karagenan memberikan pengaruh nyata terhadap pH, laju alir dan daya hisap. Peningkatan konsentrasi karagenan akan meningkatkan nilai pH dan daya alir namun menurunkan daya hisap jelly drink. Perlakuan terbaik yang ditentukan berdasarkan hasil uji organoleptik dengan metode spider web adalah jelly drink dengan konsentrasi karagenan 0,25%. Penggunaan karagenan sebesar 0,25% menghasilkan jelly drink dengan pH 6,43-6,47, daya alir 1,22-1,45 detik dan daya hisap 10,0-18,5 ml/s.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Edamame (Glycine max L. Merrill), jelly drink, powder carrageenan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Yenny Febriyani G.
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:14
Last Modified: 10 Aug 2018 08:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15766

Actions (login required)

View Item View Item