Pengaruh lama penyimpanan bubuk daun beluntas (Pluchea indica Less) dalam tea bag terhadap aktivitas antioksidan air seduhan

Christina, Fanny (2018) Pengaruh lama penyimpanan bubuk daun beluntas (Pluchea indica Less) dalam tea bag terhadap aktivitas antioksidan air seduhan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Beluntas (Pluchea indica Less.) merupakan tanaman perdu kelompok Asteraceae yang tumbuh liar di daerah kering, daerah pantai, maupun ditanam. Tanaman beluntas memiliki potensi sebagai sumber antioksidan. Daun beluntas sering dikonsumsi langsung sebagai sayuran dan lalapan. Pemanfaatan daun beluntas menjadi bentuk minuman dalam kantong teh adalah cara penyajian yang lebih cepat. Selama penyimpanan dalam tea bag, dapat terjadi perubahan pada komposisi dan kadar senyawa antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan bubuk beluntas dalam tea bag terhadap aktivitas antioksidan air seduhan teh beluntas. Penelitian ini akan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu lama penyimpanan bubuk beluntas dalam tea bag yang terdiri dari 9 taraf perlakuan yaitu 0 minggu, 2 minggu, 4 minggu, 6 minggu, 10 minggu, 14 minggu, 18 minggu, 22 minggu dan 26 minggu dengan ulangan sebanyak tiga kali. Parameter uji utama yang dilakukan adalah identifikasi senyawa fitokimia (alkaloid, flavonoid, fenolik, saponin, tanin dan kardiak glikosida (uji fehling)), total antioksidan (total fenol, total flavonoid), kemampuan menangkal radikal bebas DPPH dan kemampuan mereduksi ion besi). Hasil penelitian menunjukkan senyawa fitokimia air seduhan bubuk daun beluntas yang meliputi alkaloid, fenolik, flavonoid, saponin, tanin dan kardiak glikosida, kadar total fenol, kadar total flavonoid, kemampuan menangkal radikal bebas DPPH dan kemampuan mereduksi ion besi mengalami penurunan selama penyimpanan. Korelasi antara kemampuan menangkal radikal bebas DPPH dengan total fenol dan total flavonoid menunjukkan adanya korelasi secara positif dan kuat dengan nilai koefisien korelasi r2 sebesar 0,829 dan 0,854 sedangkan korelasi antara kemampuan mereduksi ion besi dengan total fenol dan total flavonoid menunjukkan adanya korelasi secara positif dan sangat kuat dengan nilai koefisien korelasi r2 sebesar 0,994 dan 0,996.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Beluntas (Pluchea indica Less), air seduhan, penyimpanan, aktivitas antioksidan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Fanny Christina
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:33
Last Modified: 16 Aug 2018 03:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15898

Actions (login required)

View Item View Item