Pengaruh konsentrasi jahe dan konsentrasi stabilizer kappa-karagenan serta interaksinya terhadap sifat fisik ice cream flavor jahe

Tanugerah, Agnes Trifosa (2018) Pengaruh konsentrasi jahe dan konsentrasi stabilizer kappa-karagenan serta interaksinya terhadap sifat fisik ice cream flavor jahe. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1.pdf]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)

Abstract

Jahe (Zingerber officinale Rosc) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Namun pemanfaatan jahe masih kurang, untuk itu maka dilakukan inovasi pada jahe yaitu ice cream rasa jahe. Ice Cream merupakan salah satu produk olahan susu yang dibuat dengan cara membekukan dan mencampur bahan baku secara bersama-sama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) faktorial dengan dua faktor yaitu konsentrasi jahe yang terdiri dari 20%, 35% dan 50% dan konsentrasi karagenan 0,2%, 0,4%, dan 0,6% dengan tiga kali ulangan. Parameter yang diuji dalam penelitian ini adalah parameter fisik ice cream rasa jahe, meliputi: persen overrun, warna, first drip, dan laju pelelehan. Hasil pengujian akan dianalisa dengan ANOVA (Analysis of Variance) pada α=5% untuk mengetahui ada tidaknya beda nyata akibat perlakuan. Bila terdapat perbedaan nyata, maka dilanjutkan dengan Uji Beda Jarak Nyata Duncan (DMRT) pada α=5%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh perbedaan penambahan konsentrasi jahe dan konsentrasi kappa-karagenan terhadap sifat fisik ice cream. Namun tidak ada interaksi penambahan konsentrasi jahe dan konsentrasi kappa-karagenan pada sifat fisik ice cream. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi jahe dan kappa-karagenan semakin meningkat nilai first drip dan nilai chroma namun nilai overrun, daya leleh, nilai lightness dan nilai hue semakin menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ice cream, stabilizer, ginger, carrageenan,concentration
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Agnes Trifosa Talugerah
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:07
Last Modified: 15 Aug 2018 01:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15899

Actions (login required)

View Item View Item