Karakterisasi dan uji aktivitas antibakteri dari fungi endofit daun tanaman galing-galing (Cayratia trifolia L.) terhadap Staphylococcus aureus

Muazoma, Rizky Ulfah Afrida (2018) Karakterisasi dan uji aktivitas antibakteri dari fungi endofit daun tanaman galing-galing (Cayratia trifolia L.) terhadap Staphylococcus aureus. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Mikroba endofit merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam jaringan tanaman inang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi, menguji aktivitas antibakteri dan mengkarakterisasi fungi endofit yang diperoleh dari daun tanaman Galing-Galing (Cayratia trifolia [L.]). Proses isolasi dilakukan dengan cara menempelkan potongan daun tanaman Galing-Galing yang telah disterilisasi permukaannya dengan alkohol 70% dan NaOCl 5,3% pada media Potato Dextrose Agar. Terdapat 6 fungi endofit yang dapat diisolasi dari daun tanaman Galing-Galing. Fungi endofit yang diperoleh diuji aktivitas antibakterinya terhadap bakteri Staphylococcus aureus dengan metode inokulasi langsung menggunakan media Plate Count Agar. Dari hasil pengujian didapatkan hasil adanya aktivitas antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus dengan rasio DHP pada CI 1 sampai CI 5 berturut-turut sebesar 1.22;1.14;1.42;1.17 dan 1,54. Karakterisasi dilakukan pada isolat yang meliputi pengamatan makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia (uji hidrolisa amilum, uji hidrolisa kasein, uji hidrolisa gelatin dan uji hidrolisa lemak). Berdasarkan hasil determinasi isolat, diduga CI 1, CI 2 dan CI 5 fungi endofit termasuk dalam kelas Deuteromycetes, sedangkan pada CI 3 dan CI 6 termasuk dalam kelas Zygomycetes, dan pada CI 4 termasuk dalam kelas Ascomycetes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: fungi endofit, antibakteri, Cayratia trifolia L., Staphylococcus aureus
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Rizky Ulfah Afrida Muazoma
Date Deposited: 27 Aug 2018 12:22
Last Modified: 27 Aug 2018 12:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item