Evaluasi dan perbaikan pelayanan pembelian tiket kereta api stasiun Gubeng Surabaya dengan metode simulasi

Kristanti, Dita Ratna (2018) Evaluasi dan perbaikan pelayanan pembelian tiket kereta api stasiun Gubeng Surabaya dengan metode simulasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

Stasiun Gubeng Lama merupakan salah satu stasiun kereta api di Surabaya yang melayani pembelian tiket kereta api ekonomi. Terdapat 4 loket pelayanan dengan fungsi yang berbeda-beda. Stasiun ini tiap harinya dipadati oleh calon penumpang dengan keberangkatan langsung ( go show ) maupun pemesanan pada keberangkatan di hari lain, sehingga waktu tunggu yang dihabiskan oleh pelanggan mencapai 3-4 jam. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan suatu penelitian untuk mencari solusi mengurangi jam tunggu pelanggan dengan menggunakan metode simulasi. Penelitian dilakukan dengan mengambil waktu tertentu, yaitu pada loket 1-3 pada pk 08.30 – pk 09.30. Pada model sistem lama didapatkan hasil untuk waktu tunggu pelanggan dalam antrian (Lq) dan Jumlah pelanggan dalam antrian (Wq) tertinggi terjadi pada hari Sabtu yaitu 0.1678 jam/orang atau 11 menit/orang dengan jumlah pelanggan dalam antrian sebanyak 7 orang. Dengan perbaikan menggunakan skenario 1 waktu tunggu (Lq) menjadi 0.1229 jam/orang atau 8 menit, dengan jumlah pelanggan sebanyak 5 orang. Dengan total waktu tunggu mengalami penurunan jika pada sistem lama sebesar 28.105 menit/tahun atau 469 jam/tahun menjadi 14.600 menit/tahun atau 244 jam/tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Stasiun Gubeng, antrian, simulasi
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 6107 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2018 10:24
Last Modified: 25 Sep 2018 10:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16153

Actions (login required)

View Item View Item