Penentuan masa kadaluwarsa produk herbal menggunakan metoda G A B

Dwi Wibawa Budianta, Tarsisius (2008) Penentuan masa kadaluwarsa produk herbal menggunakan metoda G A B. In: Pengembangan produk berbasis sumber pangan lokal untuk mendukung kedaulatan pangan. Universitas Mercu Buana, pp. 335-340. ISBN 978-979-190610-4

[thumbnail of Penentuan Masa Kadaluwarsa Produk Herbal Menggunakan  Metoda G A B]
Preview
Text (Penentuan Masa Kadaluwarsa Produk Herbal Menggunakan Metoda G A B)
Prosiding Seminar nasional Patpi UMBY 2008 Yogyakarta_20181107_0001.pdf

Download (37MB) | Preview
[thumbnail of Penentuan Masa Kadaluwarsa Produk Herbal Menggunakan  Metoda G A B_peer_review_] Text (Penentuan Masa Kadaluwarsa Produk Herbal Menggunakan Metoda G A B_peer_review_)
13p-R1&2-Penentuan_masa_kadaluwarsa_.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of Penentuan Masa Kadaluwarsa Produk Herbal Menggunakan  Metoda G A B] Text (Penentuan Masa Kadaluwarsa Produk Herbal Menggunakan Metoda G A B)
13p-Penentuan_masa_kadaluwarsa_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Produk herbal adalah produk berasal dari tumbuhan yang digunakan untuk keperluan konsumsi dengan tujuan kesehatan. Produk ini dikeringkan hingga kadar air rendah, kemudian diseduh untuk digunakan. Permasalahan adalah bagaimana menentukan masa kadaluwarsa yang tepat sehingga konsumen mendapatkan jaminan keamanannya. Penelitian menggunakan herbal dari songgolangit, yang dikemas dalam aluminium foil. Teknik penentuan masa kadaluwarsa menggunakan metoda Guggenheim-Andersen-deBoer (GAB) adalah dengan rumus yang sesuai dan memperhatikan kondisi penyimpanan dan bahan pengemas. Dari hasil prediksi terebut dengan dilakukan pengamatan terhadap parameter fisi berupa warna, kenapakan dan aroma. Dari lima sampel yang ada diperoleh bahwa penentuan menggunakan GAB bisa untuk memprediksi umur simpan dengan baik.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Masa kadaluwarsa, GAB, herbal, tridax, procumbens
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Proceeding > Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Tarsisius Dwi Wibawa Budianta
Date Deposited: 08 Nov 2018 06:52
Last Modified: 05 Oct 2022 06:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16359

Actions (login required)

View Item View Item