Pengaruh komunikasi positif terhadap job performance pada organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya

Ongkowijoyo, Yeremia Steven Putra (2018) Pengaruh komunikasi positif terhadap job performance pada organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Untuk mencapai tujuan organisasi, maka diperlukan anggota yang berkinerja secara optimal. Semua bentuk organisasi memerlukan hal ini termasuk organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi positif terhadap job performance di organisasi kemahasiswaan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Job performance dibentuk oleh empat karakteristik yaitu task-oriented behavior, interpersonally-oriented behavior, down time behavior, dan destructive/hazardous behavior. Komunikasi positif dibentuk oleh enam karakteristik yaitu supportiveness, solution focus, future orientation, dan collaborative interaction. Penelitian ini dilaksanakan pada 174 anggota ORMAWA tingkat Universitas di UKWMS yang menjabat pada periode 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Job Performance dan Skala Komunikasi Positif. Skala Job Performance memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,805 dengan rentang validitas 0,277 – 0,68 sedangkan Skala Komunikasi Positif memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,937 dengan rentang validitas 0,255 – 0,774. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara komunikasi positif terhadap job performance pada organisasi kemahasiswaan tingkat universitas di UKWMS dengan nilai sig sebesar 0,043 (p < 0,05). Nilai koefisien regresi yang didapat sebesar 0,153 yang berarti komunikasi positif memberikan sumbangan efektif kepada job performance di ORMAWA tingkat universitas di UKWMS sebanyak 2,3%. Secara deskriptif, job performance pada ORMAWA tingkat universitas UKWMS cenderung menyebar pada kategori sedang (50%) ke rendah (21,8%), sedangkan komunikasi positif cenderung menyebar pada kategori sedang(35,6%) ke rendah (28,7%). ORMAWA tingkat universitas di UKWMS perlu meningkatkan lagi komunikasi positif dan job performance agar menjadi organisasi yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: komunikasi positif, job performance, organisasi kemahasiswaan, perilaku organisasi.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 6139 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:25
Last Modified: 19 Feb 2019 09:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item View Item