Efektivitas gel ekstrak ovis placenta terhadap waktu penyembuhan luka dan jumlah PMN pada luka insisi tikus putih (rattus norvegicus)

Ekaherlina, Lavega (2018) Efektivitas gel ekstrak ovis placenta terhadap waktu penyembuhan luka dan jumlah PMN pada luka insisi tikus putih (rattus norvegicus). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini gel ekstrak ovis placenta memiliki dua kandungan yang sangat penting dalam regenerasi sel yaitu Hydrolised collagen dan epithelial growht factor (EGF). Selain gel ekstrak ovis placenta terdapat dua kelompok kontrol lainnya yaitu kontrol (-) NaCl dan kontrol (+) Povidon iodin. Dari ketiga kelompok kontrol ini digunakan hewan coba tikus putih (Rattus norvegicus) galur Wistar dengan berat 250-300 gram, dan pemberian luka insisi sepanjang 2 cm dan sedalam ±1 mm. Sebelum diujikan pada tikus, sediaan akan melewati beberapa uji fisik yang harus memenuhi persyaratan. Setelah melewati uji fisik sediaan akan di berikan pada luka insisi yang telah di buat pada punggung tikus, dengan cara sediaan dioleskan sebanyak 300 mg. Pengamatan makroskopis untuk mengetahui berkurangnya panjang luka insisi dilakukan pada hari ke-3 dan ke-7, pada hari ke-7 berkurangnya panjang luka insisi lebih cepat dibandingkan kontrol (+). Pada pengamatan jumlah sel PMN juga terdapat pengurangan jumlah sel lebih banyak dibandingkan povidon iodine, sehingga dapat dikatakan bahwa hasil pengobatan menunjukkan gel ekstrak ovis placenta lebih cepat menurunkan proses penyembuhan panjang luka insisi dan pengurangan jumlan sel PMN lebih banyak dibandingkan kelompok kontrol (+) dan kontrol (-).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Gel Ekstrak Ovis placenta, PMN, Hydrolised collagen, epithelial growht factor (EGF), Tikus putih (Rattus norvegicus)
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6143 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 08:20
Last Modified: 20 Dec 2018 08:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item