Laporan Kerja Praktek di CV. Sinar Baja Electric I

Tanuwardaja, Ignasius Yohanes and Sasongko, Ruth Novita (2018) Laporan Kerja Praktek di CV. Sinar Baja Electric I. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

CV. Sinar Baja Electric adalah industri yang memproduksi berbagai macam speaker dan didistribusikan ke berbagai manca negara. Proses perakitan dari bahan baku menjadi barang jadi memiliki peranan penting terutama kualitas produk yang dihasilkan. Pembuatan produk terdiri atas tiga jalur perakitan, yang mempunyai fungsi dan tugas masing-masing. Assembly line 5 merupakan proses yang paling awal dari bahan baku menjadi barang setengah jadi berupa speaker namun belum berfungsi. Assembly line 2 merupakan proses lanjutan dari assembly line 5 yaitu menyambungkan bagian dalam speaker hingga dapat berfungsi. Assembly line 1C, merupakan proses terakhir yaitu pengemasan (packing) speaker dan siap untuk dipindahkan ke gudang barang jadi. Mengukur waktu tiap proses perakitan dengan metode time study dan mengatur keseimbangan lintasan untuk mengurangi terjadinya bottleneck dan penggabungan beberapa proses menjadi satu operator sehingga operator dapat bekerja secara maksimal serta tingkat produksi yang meningkat. Terjadi ketidakseimbangan beban kerja pada masing-masing stasiun kerja. Pada assembly line 5, jumlah operator yang tadinya sebanyak 20 orang berkurang menjadi 16 orang dengan waktu siklus sebesar 12 detik. Kebutuhan operator pada assembly line 2 juga mengalami penurunan yang awalnya sebanyak 11 orang menjadi 8 orang. Waktu siklus pada assembly line 2 sebesar 30 detik. Pada assembly line 1C, kebutuhan operator awal sebesar 12 orang dan berkurang menjadi 8 orang dengan waktu siklus sebesar 30 detik.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perancangan sistem kerja, time study, line balancing, assembly line
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 6191 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:07
Last Modified: 26 Aug 2019 03:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item View Item