Laporan kerja praktek Di PT. Suparma Tbk

Yong, Laurentia Renata and Putranto, Wicaksono (2019) Laporan kerja praktek Di PT. Suparma Tbk. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

PT. Suparma Tbk., adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi kertas dan tissue. PT. Suparma Tbk. kini telah memiliki 7 unit mesin kertas dengan total kapasitas 165.000 ton per tahun, berdiri di atas lahan seluas 26 hektar, dengan beraneka ragam produk kertas industri, kertas berkualitas tinggi, serta tissue. PT. Suparma Tbk. memiliki 3 area gudang, yaitu gudang spare part, incoming, dan logistic. Gudang Spare Part bertujuan untuk menyimpan segala barang penunjang proses produksi. Barang yang disimpan di gudang ini termasuk roll yang akan digunakan pada mesin produksi, dalam penataannya, rak yang digunakan untuk meletakkan roll tidak mampu menampung seluruh roll yang disimpan pada gudang. Pada gudang Packaging, barang yang disimpan adalah barang – barang yang secara langsung berhubungan dengan proses produksi. Barang yang menjadi perhatian utama dalam topik ini adalah Carton Box, karena dalam penataannya sedikit kacau. Setelah dilakukan pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa rak yang tersedia pada gudang Spare Part hanya dapat menampung 82 roll dari total 140 roll yang disimpan pada gudang. Sedangkan pada gudang Packaging, dapat disimpulkan, dari total 21 sel yang tersedia untuk menyimpan carton box, hanya 14 sel yang digunakan, dengan total 1694 palet. Dari total 140 roll yang disimpan pada gudang, tidak semua roll memiliki ukuran yang sesuai dengan rak yang tersedia pada gudang, sehingga dalam proses penataan ulang hanya 82 roll saja yang dapat diletakkan pada rak yang tersedia. Pada penataan carton box, proses penataan ulang dilakukan berdasarkan demand dari perusahaan. Sehingga sel yang dibutuhkan untuk menyimpan carton box dengan demand terbesar adalah sel yang memiliki jarak terdekat dengan lift.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Gudang spare part, gudang packaging, roll, carton box
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 6197 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:58
Last Modified: 29 Aug 2019 04:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16527

Actions (login required)

View Item View Item