Isviantri, Cintia (2018) Hubungan antara stres akademik dan smartphone addiction pada siswa pengguna smartphone yang bersekolah di SMK Unggulan Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
abstrakk.pdf Download (875kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
Abstract
Smartphone addiction adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki intensitas berlebihan dalam menggunakan smartphone, tidak mampu menjauhkan diri dari smartphone, serta menunjukkan gejala kecanduan saat berada jauh dari smartphone miliknya. Salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya smartphone addiction adalah saat seseorang mengalami stres akademik. Stres akademik merupakan suatu kondisi perasaan tidak menyenangkan yang terjadi dalam suatu tekanan akademik dimana individu tidak dapat menghadapi tuntutan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan smartphone addiction pada siswa pengguna smartphone yang bersekolah di tiga SMK unggulan Surabaya. Data didapatkan dengan menggunakan Skala Smartphone Addiction dan Skala Stres Akademik yang dikembangkan oleh Peneliti. Sebanyak 343 siswa pengguna smartphone yang bersekolah di tiga SMK unggulan berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik non-parametrik Kendall”s Tau-b, dengan menggunakan program statistik SPSS versi 16. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara stres akademik dan smartphone addiction (rxy = 0,282; p = 0,001 < 0,05) dimana sumbangan efektif variabel stres akademik terhadap smartphone addiction adalah sebesar 15,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Stres akademik, smartphone addiction, siswa SMK |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 6185 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2019 07:15 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 07:15 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16535 |
Actions (login required)
View Item |