Efektivitas permainan interlocking tabletop blocks : lego terhadap durasi penggunaan gadget pada anak umur 5 tahun

Andani, Bernadet Stacia (2018) Efektivitas permainan interlocking tabletop blocks : lego terhadap durasi penggunaan gadget pada anak umur 5 tahun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan gadget pada kalangan anak-anak pra sekolah semakin merambah luas. Batasan durasi penggunaan media berupa layar datar sendiri untuk anak berumur 2-5 tahun menurut American Academy of Pediatrics (2016), adalah selama satu jam per hari. Jika dilakukan secara berlebihan, maka penggunaan gadget bisa berdampak negatif terhadap anak pra sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi durasi penggunaan gadget pada anak-anak usia 5 tahun dengan menggunakan permainan interlocking tabletop blocks: Lego. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain single case experiment. Jumlah subyek yang ada dalam penelitian ini adalah dua anak yang terdiri dari satu anak perempuan dan satu anak laki-laki. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar observasi dengan mengukur durasi penggunaan subyek memakai stopwatch. Hasil pre-test rata-rata durasi per hari untuk subyek V adalah 43 menit 59 detik dan berkurang menjadi 6 detik setelah dilakukan perlakuan. Hipotesa penelitian diterima karena ada penurunan durasi penggunaan gadget dari post-test ke ¬pre-test dimana penurunan ini dikarenakan subyek memilih Lego untuk bermain. Sedangkan hasil pre-test rata-rata durasi per hari untuk subyek J adalah 21 menit 45 detik dan mengalami pengurangan pada post-testnya yaitu 17 menit 21 detik. Hipotesa penelitian ditolak karena pengurangan durasi tersebut bukan dikarenakan subyek memilih Lego saat ia bermain. Perbedaan hasil tersebut juga dikarenakan karena subyek perempuan lebih bisa diajak bekerja sama dan subyek J lebih aktif dan kurang menurut dengan kata ibunya sehingga kurang mau diajak bermain Lego. Pengaruh dari tipe pengasuhan orangtua juga mempengaruhi hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, durasi penggunaan gadget, permainan interlocking tabletop blocks: lego
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 6201 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2019 05:42
Last Modified: 11 Jan 2019 05:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16561

Actions (login required)

View Item View Item