Laporan kerja praktek di PT.XYZ

Putra, Juvaldo Hastomo and Tamara, Venisia (2018) Laporan kerja praktek di PT.XYZ. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (997kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

PT. XYZ adalah sebuah perusahaan yang memproduksi komponen mesin industri serta menerimajasa reparasi mesin. Produk yang diproduksi berfokus padakomponen mesin industri. Produksi yang dilakukan menggunakan sistem make-to-order, yang artinya semua produksi dilakukan berdasarkan adanya pesanan dari relasi. Dalam menjalankan bisnisnya, banyak prosedur yang kurang efektif dan efisien. Dan sering terjadi bottleneck antar prosedur pengerjaan, karena perencanaan yang kurang baik. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi performa produksi dan sering terjadi keterlambatan pemenuhan pesanan ke relasi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perusahaan wajib mengetahui aktivitas mana yang memungkinkan peningkatan value-added pada produk (produk/jasa), pengurangan aktivitas yang tidak perlu (waste), dan pemangkasan waktu produksi. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu pendekatan Lean Manufacturing. Pemahaman mengenai kondisi perusahaan dijelaskan secara umum melalui pemetaan Big Picture Mapping, Seven Waste Tool, yang nantinya juga akan dijelaskan alur kerja menggunakan Value Stream Analysis Tool. Analisa difokuskan hanya pada dua seksi kerja dan saran perbaikan akan dilakukan menggunakan cause and effect diagaram dan dilakukan brainstorming untuk perbaikan SOP. Berdasarkan data yang diperoleh, ada dua waste terbesar pada kedua seksi produksi yaitu waiting( 2,29 poin untuk Seksi A dan 2,33 pada Seksi B ) dan motion ( 3,07 pada Seksi A dan 3,17 pada Seksi B). Ketika nilai rata-rata waste dikalikan dengan factor of mapping, maka akan didapatkan detil mengenai dominant Mapping Tools Process Activity Mapping. Setelah dibuat pemetaan future state, maka terdapat perubahan lead time produksi dari 2297 menit ke 797 menit pada Seksi A dan dari 591 menit menjadi 556 menit pada Seksi B.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Lean manufacture, waste, VALSAT, SOP
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 6227 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:59
Last Modified: 17 Jan 2019 03:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16580

Actions (login required)

View Item View Item