Uji analgesik patch ekstrak etanol Piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi Na-Lauril sulfat terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit

Rasdianto, Dwi Damayanti (2018) Uji analgesik patch ekstrak etanol Piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi Na-Lauril sulfat terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ekstrak etanol lada hitam (Piper nigrum L.) telah terbukti memiliki efek analgesik sekaligus dapat menurunkan efek samping dari NSAID. Lada hitam diformulasikan dalam bentuk sediaan patch, menggunakan matriks HPMC, dan enhancer Na-lauril sulfat yang berfungsi meningkatkan penetrasi bahan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan patch ekstrak etanol lada hitam terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit dan mengetahui kemampuan peningkat penetrasi enhancer Na-lauril sulfat. Penelitian ini menggunakan empat kelompok perlakuan yaitu kontrol positif (parasetamol peroral), kontrol negatif (blanko patch), formula 1 (tanpa enhancer), dan formula 2 (dengan enhancer). Penelitian ini menggunakan mencit yang diinduksi asam asetat 0,1% sebanyak 0,1 ml secara intraperitoneal dan dilakukan perhitungan jumlah geliat selama 3 jam setiap 15 menit, setelah itu dilakukan pengambilan makrofag dari intraperitoneal untuk menghitung jumlah makrofag. Hasil penelitian menunjukan bahwa formula tanpa enhancer dapat menurunkan makrofag sebesar 90,2 ± 28,20 namun tidak sebesar formula dengan enhancer yaitu 39,6 ± 9,102 dan tidak berbeda bermakna dengan kontrol positif yaitu 29,73 ± 7,981, sedangkan kontrol negatif 146,86 ± 53,227. Pada jumlah geliat kontrol positif onset kerja obat lebih cepat menurunkan geliat yaitu 60 menit dibandingkan formula tanpa enhancer 165 menit dan formula dengan enhancer yaitu 105 menit, pada kontrol negatif jumlah geliat masih tinggi pada 180 menit. Penggunaan patch ekstrak etanol lada hitam dapat menurunkan nyeri dan jumlah makrofag pada mencit yang telah diinduksi asam asetat, serta penggunaan enhancer Na-lauril sulfat dapat meningkatkan penetrasi obat ke dalam kulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Piper nigrum L., patch, makrofag, geliat, enhancer
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6343 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 05:31
Last Modified: 28 Jan 2019 05:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16830

Actions (login required)

View Item View Item