Efek analgesik patch ekstrak etanol piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi isopropil miristat terhadap jumlah geliat dan makrofag mencit

Wahyudi, Alif Ekacahya (2018) Efek analgesik patch ekstrak etanol piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi isopropil miristat terhadap jumlah geliat dan makrofag mencit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Dalam pengobatan nyeri menggunakan senyawa analgesik seperti parasetamol memiliki efek samping terkait dengan iritasi lambung dan hepatotoksik. Maka pada penelitian ini, digunakan ekstrak etanol lada hitam sebagai senyawa berkhasiat analgesik yang diformulasikan dalam sediaan transdermal patch yang mengandung isopropil miristat sebagai peningkat penetrasi (enhancer). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh enhancer dan efek analgesik terhadap jumlah geliat dan makrofag mencit yang telah diinduksi asam asetat 1%. Sebanyak 20 ekor mencit dibagi secara acak menjadi 4 kelompok perlakuan, kelompok kontrol positif diberikan parasetamol oral, kontrol negatif (tanpa ekstrak dan enhancer), formula 1 patch (mengandung ekstrak) dan formula 2 patch (mengandung ekstrak dan enhancer). Percobaan dilakukan menggunakan metode writhing test selama 180 menit, jumlah geliat diamati 10 menit pertama sebelum diberikan pengobatan dan setiap 15 menit setelah diberi pengobatan selama 180 menit, kemudian dilakukan pengambilan sel makrofag dalam cairan peritoneum dan dibuat apusannya lalu diamati. Data dianalisis menggunakan analisa varian One Way ANOVA dilanjutkan dengan uji duncan. Hasil menunjukkan bahwa kontrol (+) dapat menurunkan nyeri dan geliat dalam waktu 60 menit (8,40 ± 5,12), F1 dalam 165 menit (4,00 ± 1,58), F2 dalam 120 menit (2,00 ± 3,46 ) dan pada kontrol (-) mencit masih mengalami geliat dalam waktu 180 menit (15,00 ± 4,47). Hasil rata-rata makrofag tidak berbeda bermakna pada kontrol (+) dan formula 2, ada perbedaan bermakna (P<0,05) antara kontrol negatif dan formula 1. Hasil menunjukkan bahwa ekstrak etanol lada hitam memiliki efek sebagai analgesik dan isopropil miristat efektif dalam meningkatkan penetrasi pada sediaan patch.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Piper nigrum L. patch, makrofag, geliat, analgesik, enhancer isopropil miristat
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6344 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2019 07:09
Last Modified: 28 Feb 2019 07:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16841

Actions (login required)

View Item View Item