Potensi patch ektrak etanol piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi tween 80 sebagai analgesik terhadap respon motorik dan makrofag

Surya, Regiskha Hermandanie (2018) Potensi patch ektrak etanol piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi tween 80 sebagai analgesik terhadap respon motorik dan makrofag. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ekstrak etanol lada hitam (Piper nigrum L.) memiliki khasiat sebagai analgesik dan lebih aman digunakan dibandingkan dengan NSID. Untuk itu diformulasikan dalam bentuk patch. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek analgesik ekstrak etanol lada hitam terhadap jumlah geliat dan makrofag pada tubuh mencit yang telah diinduksi asam asetat 1% dan menganalisis efektivitas dari enhancer Tween 80 dalam sediaan patch. Pengujian efek analgesik patch ekstrak etanol lada hitam menggunakan mencit putih jantan galur Wistar sebanyak di bagi 4 kelompok yang telah diinduksi asam asetat 1% secara intraperitoneal sebagai perangsang nyeri. Kelompok K (+) diberi parasetamol secara per oral, K (-) yaitu blanko patch, F1 (-E) yaitu patch ekstrak etanol lada hitam tanpa enhancer, dan F2 (E) yaitu patch ekstrak etanol lada hitam dengan enhancer. Uji efek antipiretik dilakukan selama 3 jam dengan menghitung jumlah geliat setiap 15 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa F1(-E) dapat menurunkan makrofag sebesar 90,2 ± 17,15 namun tidak sebesar F2(E) yaitu 42,86 ± 15,74 dan tidak berbeda bermakna dengan K(+) yaitu 29,73 ± 7,97 sedangkan K(-) sebesar 146,86 ± 53,22. Pada jumlah geliat K(+) onset kerja obat lebih cepat yaitu 60 menit dibandingkan dengan F1(-E) 165 menit dan F2(E) 120 menit. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa patch ekstrak etanol lada hitam dapat menurunkan jumlah geliat dan makrofag tubuh mecit putih yang diinduksi asam asetat dan Tween 80 memiliki efektivitas sebagai enhancer pada patch ekstrak etanol lada hitam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Analgesik, enhancer Tween 80, ekstrak etanol lada hitam, Piper nigrum L.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6345 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:26
Last Modified: 28 Jan 2019 07:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item