Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share(TPS)untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Stella Maris

Emelina, Yemima Dwi (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share(TPS)untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Stella Maris. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran diujicobakan di kelas XI MIPA 1 SMA Katolik Stella Maris Surabaya. Hasil validasi perangkat pembelajaran silabus memperoleh skor 3,63 dengan kategori “sangat valid”, RPP 3,53 dengan kategori “sangat valid”, Buku Ajar 3,75 dengan kategori “sangat valid”, LKPD 3,56 dengan kategori “sangat valid”, dan Rencana Evaluasi 3,72 dengan kategori “sangat valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 2,98 dengan kategori “baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,56 dengan kategori “sedang” dan persentase respon peserta didik adalah 80,46% dengan kategori “sangat positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Stella Maris Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, TPS, Fluida Statis, Hasil Belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Yemima Dwi Emelina
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:17
Last Modified: 04 Feb 2019 03:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16883

Actions (login required)

View Item View Item