Pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Merry Go Round untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kinematika gerak lurus di SMAK St. Stanislaus Surabaya

Putri, Catur Rusia (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Merry Go Round untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kinematika gerak lurus di SMAK St. Stanislaus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Baru_ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2_Catur Rusia Putri_BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4_Catur Rusia Putri_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5_Catur Rusia Putri_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
6_Catur Rusia Putri_BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
7_Catur Rusia Putri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAK St.Stanislaus Surabaya yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi yang telah melewati uji ahli dan telah diujicobakan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Merry Go Round dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Sammel dan Sammel (1947) yang meliputi define, design, development, disseminate. Model pengembangan dalam penelitian ini telah direduksi menjadi 3-D. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: 1.) perangkat pembelajaran valid, praktis, efektif dan keterlaksanaan RPP dengan skor 3,93 dan dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi memberikan skor 3,75 dengan kategori “sangat valid” untuk silabus, 3,56 dengan kategori “sangat valid” untuk RPP, 3,56 dengan kategori “sangat valid” untuk buku ajar, 3,64 dengan kategori “sangat valid” untuk LKPD dan 3,71 dengan kategori “sangat valid” untuk RE. 2) keaktifan peserta didik dengan skor 34,21 dengan kategori “sangat aktif”, hasil belajar berdasarkan N-Gain yaitu 0,45 dengan kategori “sedang”. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada kelas X-MIPA. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran mampu melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMAK St.Stanislaus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, keaktifan, hasil belajar, Merry Go Round, kinematika gerak lurus.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Catur Rusia Putri
Date Deposited: 26 Feb 2019 04:11
Last Modified: 26 Feb 2019 04:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item