Efektivitas krim ekstrak ovis placenta terhadap kepadatan kolagen dan jumlah sel fibrobllas pada luka bakar tikus putih galur wistar

Sari, Iis Ratna (2018) Efektivitas krim ekstrak ovis placenta terhadap kepadatan kolagen dan jumlah sel fibrobllas pada luka bakar tikus putih galur wistar. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 (1).pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy

Abstract

Plasenta adalah organ sementara yang hadir selama masa gestasi, yang memasok oksigen dan nutrisi ke janin yang sedang berkembang. Ekstrak plasenta diketahui memiliki growth factors yang dapat menstimulasi regenerasi pertumbuhan yang tidak normal dan dapat mempercepat perbaikan otot yang melepuh atau terluka, kolagen kulit, tulang rawan, dan jaringan syaraf hingga peremajaan total tubuh yang mengalami penuaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari pemberian krim ekstrak Ovis placenta pada luka bakar tikus putih. Penelitian ini menggunakan 18 tikus putih jantan galur Wistar yang telah diberi luka bakar dengan parameter uji kepadatan kolagen dan jumlah sel fibroblas. Tikus dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kontrol positif (Bioplacenton®), kontrol negatif (NaCl 0,9%), dan kelompok perlakuan diberikan krim ekstrak Ovis placenta kemudian diamati selama 3 dan 7 hari. Data dianalisis dengan uji statistik Anova bila ada perbedaan dilanjutkan uji Duncan. Hasil uji statistik jumlah sel fibroblas menunjukkan hasil rata-rata yaitu sebesar (13,33±1,53) pada hari ke-3 dan (15,33±1,73) pada hari ke-7 dan pengamatan kepadatan kolagen menunjukkan hasil (249,67±0,58) pada hari ke-3 dan (249,33±1,53) pada hari ke-7. Diketahui dari penelitian ini bahwa krim ekstrak Ovis placenta efektif pada penyembuhan luka bakar pada tikus putih galur wistar terhadap peningkatan kepadatan kolagen dan jumlah sel fibroblas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ovis placenta, luka bakar, fibroblas, kolagen, krim
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6356 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:29
Last Modified: 11 Mar 2019 08:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item View Item