Pengaruh kelembaban udara (RH) dan lama penyimpanan terhadap sifat fisikokimia dan aktivitas antioksidan puding teh hijau instan

Akbar, Dwi Rexy (2019) Pengaruh kelembaban udara (RH) dan lama penyimpanan terhadap sifat fisikokimia dan aktivitas antioksidan puding teh hijau instan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Puding instan merupakan campuran beberapa bahan pembentuk gel yang dapat membentuk gel dengan tekstur yang kokoh serta dapat diterima tetapi dengan waktu penyiapan yang singkat. Mutu puding instan dapat ditingkatkan dengan menambahkan bubuk teh hijau atau biasa disebut matcha powder, yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi. Senyawa antioksidan dalam matcha powder tidak stabil dan mudah rusak yang disebabkan oleh cahaya, oksigen, serta kelembaban udara (RH) saat penyimpanan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelembaban udara (RH) dan lama penyimpanan terhadap sifat fisikokimia dan antioksidan puding teh hijau instan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor, yaitu perbedaan RH (45%;53%;65%;72%) dan lama penyimpanan (1,2,3,4 minggu). Percobaan dilakukan sebanyak tiga kali ulangan. Parameter yang dianalisa pada puding teh hijau instan meliputi sifat fisikokimia (aktivitas air (aw), kadar air, dan warna) yang dilakukan pada bubuk puding teh hijau instan dan aktivitas antioksidan (metode DPPH dan kadar total fenol) pada puding teh hijau instan. Data yang diperoleh dianalisa secara statistik menggunakan ANOVA pada α=5% kemudian dilanjutkan dengan uji beda jarak nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test/DMRT) pada α=5% untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan secara tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi kedua perlakuan berpengaruh nyata terhadap sifat fisikokimia meliputi aktivitas air (aw), kadar air, dan warna bubuk puding teh hijau instan serta aktivitas antioksidan dengan metode DPPH dan kadar total fenol puding instan teh hijau. Peningkatan RH penyimpanan dan lama penyimpanan akan meningkatkan aktivitas air (aw), kadar air, dan warna bubuk puding teh hijau instan serta menurunkan aktivitas antioksidan dan kadar total fenol puding instan teh hijau. Kondisi penyimpanan paling baik untuk bubuk puding teh hijau instan adalah RH 45% selama 3 minggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Puding instan, matcha, RH, penyimpanan, antioksidan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 6395 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 07:29
Last Modified: 28 Jan 2019 07:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item