Wibowo, Valentino Aditya (2019) Analisis faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam pembelian di toko konvensional atau on-line. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf Download (92kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 6)
Bab VI.pdf Download (14kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia sendiri sangatlah cepat. Munculnya berbagai platform belanja online di Indonesia menjadi salah satu contoh perjalanan perkembangan bisnis e-commerce. Produk elektronik masuk kedalam 10 kategori barang yang paling populer dibeli secara online menurut Financial Times tahun 2017. Ketertarikan pelanggan untuk membeli produk elektronik secara online dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mengingat harga produk elektronik tidaklah murah. Faktor-faktor tersebut harus diperhatikan para pemilik toko elektronik online maupun konvensional agar dapat mempertahankan bahkan menambah loyalitas pelanggan mereka, karena loyalitas pelanggan merupakan ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pertumbuhan penjualan. Dari total 200 responden yang berada di Surabaya, didapatkan 3 faktor utama yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu faktor kualitas dan promo produk, faktor performa toko dan faktor saran dari orang lain. Dari hasil cluster terbentuk 2 cluster. Cluster pertama dinamai cluster senang belanja elektronik secara online dan cluster kedua dinamai cluster senang belana elektronik secara offline. Berdasarkan analisis diskriminan, variabel promo yang disediakan toko online dan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online merupakan variabel yang menjadi pembeda dari kedua cluster. Tingkat loyalitas pelanggan dapat dikategorikan sebagai pelanggan yang loyal karena sebanyak 65.5% responden merupakan pelanggan yang loyal dan 34,5% responden merupakan pelanggan yang tidak loyal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Elektronik, Loyalitas Pelanggan, Toko Online, Toko Konvensional, Faktor, Tingkat Loyalitas. |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Valentino Aditya Wibowo |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 09:04 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 03:51 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16986 |
Actions (login required)
View Item |