Analisis perbandingan prediksi financial distress perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017

Susetyawati, Maria Goretti Sri Puji Paramitha (2018) Analisis perbandingan prediksi financial distress perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
1.-BAB-1.pdf

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
8.-BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
21.-BAB-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
32. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
52.-BAB-5.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Badan Pusat Jaminan Sosial (BPJS) di tahun 2013 meluncurkan program e-catalog yang dianggap mampu membantu masyarakat dalam pengadaan obat yang lengkap dan murah. Peningkatan permintaan atas obat memang menjadi dampak dari kebijakan program tersebut, namun juga terdapat dampak negatif yang dialami oleh pihak lain yakni perusahaan farmasi yang ada di Indonesia. Peningkatan volume penjualan yang tidak diimbangi dengan peningkatan nilai penjualan dianggap sebagai tantangan sulit bagi perusahaan farmasi di Indonesia. Financial distress menjadi salah satu ancaman bagi seluruh perusahaan farmasi di Indonesia jika kondisi tersebut terus berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa menggunakan empat metode prediksi financial distress yakni metode Altman, Zmijewski, Springate dan Grover. Hasil dari perhitungan keempat metode tersebut kemudian disesuaikan dan dibandingkan dengan kondisi peningkatan atau penurunan laba yang dialami perusahaan dan kondisi perusahaan lainnya selama periode penelitian. Objek penelitian adalah seluruh perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 10 perusahaan farmasi. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu melakukan perhitungan dari empat metode prediksi financial distress yang ditentukan serta memberikan deskripsi dari analisa atas hasil prediksi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa perusahaan berada dalam kategori Grey Zone dan Distress selama periode penelitian. Dua dari sepuluh sampel yang menjadi objek penelitian dinilai memiliki potensi financial distress di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Financial distress, metode prediksi financial distress, analisa rasio
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6594 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 06:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item