Pengaruh interaction via social media dan past online shopping experience terhadap repurchase intention melalui trust pada pengguna aplikasi Tokopedia di Surabaya

Seber, Vincent (2018) Pengaruh interaction via social media dan past online shopping experience terhadap repurchase intention melalui trust pada pengguna aplikasi Tokopedia di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaction via social media dan past online shopping experience terhadap repurchase intention melalui trust pada pengguna aplikasi Tokopedia di Surabaya. Saat ini, pembelian online melalui e-commerce sedang digemari. Sebelum melakukan pembelian, kebanyakan orang akan mencari informasi terlebih dahulu untuk meningkatkan kepercayaan mereka, dan hal ini dapat mereka lakukan dengan melakukan interaksi dengan orang lain. Teknologi yang semakin canggih menjadikan interaksi tersebut menjadi mudah karena telah ada social media. Informasi yang dibagikan seseorang tentunya berasal dari pengalaman mereka. Interaksi konsumen e-commerce melalui social media dan pengalaman belanja konsumen menjadi poin yang penting agar konsumen dapat semakin percaya dengan suatu e-commerce dan melakukan pembelian ulang di e-commerce tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 150 responden. Persyaratan responden dalam penelitian ini adalah berusia minimal 17 tahun yang pernah melakukan pembelian di Tokopedia setidaknya satu kali dalam dua bulan terakhir di Surabaya. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM dengan program LISREL. Hasil penelitian membuktikan bahwa interaction via social media dan past online shopping experience memiliki pengaruh signifikan terhadap trust. Trust memiliki pengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Interaction via social media dan past online shopping experience memiliki pengaruh signifikan terhadap repurchase intention melalui trust. Saran dari penelitian untuk Tokopedia adalah mengarahkan konsumennya untuk lebih berinteraksi dengan konsumen lain melalui ulasan agar setiap konsumen dari Tokopedia dapat memperoleh infomasi yang akurat. Serta meningkatkan dan memperbarui sistem pencarian produknya agar konsumen memiliki pengalaman belanja yang lebih baik sehingga membuat mereka lebih percaya dan memiliki minat pembelian ulang yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Interaction via social media, past online shopping experience, trust, repurchase intention
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6627 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 08:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item