Pengaruh perceived organizational support dan lingkungan kerja terhadap retensi perawat Puskesmas di Kabupaten Tulungagung

Pangastika, Nandia Prabawati (2019) Pengaruh perceived organizational support dan lingkungan kerja terhadap retensi perawat Puskesmas di Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (868kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Organizational Support dan Lingkungan Kerja terhadap Retensi Perawat. Obyek penelitian ini adalah perawat puskesmas di Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena mengenai hadirnya globalisasi disegala bidang. Terutama pada sumber daya manusia mempunyai tugas yang besar dalam kinerja sebuah perusahaan. Kemajuan dalam bidang kesehatan membuat pemerintah mendirikan Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas. Dengan adanya upaya peningkatan mutu pelayanan perawat pada puskesmas di kabupaten Tulungagung membutuhkan Perceived organizational support dan lingkungan kerja yang memadai terhadap para perawat agar perawat akan tetap bertahan di puskesmas. Desain penelitian dengan mendistribusikan kepada 105 perawat puskesmas di Kabupaten Tulungagung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Perceived Organizational Support berpengaruh signifikan positif terhadap Retensi Perawat dengan demikian mendukung hipotesis satu. Lingkungan kerja berpengaruh signifikan positif terhadap Retensi Perawat dengan demikian mendukung hipotesis dua. Organisasi yang memberikan dukungan organisasi dan memperhatikan lingkungan kerja di organisasi akan membuat perawat yang bekerja di puskesmas akan merasakan kepuasan dengan ini perawat akan tetap bertahan di puskesmas. Hal terakhir yang menjadi temuan pada penelitian ini adalah bahwa perawat yang merasa dukungan organisasinya terpenuhi dan lingkungan kerja di tempat kerja memadai maka akan memberikan lebih untuk perusahaan dan perawat akan tetap bertahan bekerja di puskesmas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perceived Organizational Support (POS), Lingkungan kerja dan Retensi perawat.
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6376 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item